Anggota DPRD Sibuk, Cawagub Dipilih seusai Pilpres

Penulis: MI Pada: Selasa, 19 Mar 2019, 09:30 WIB Megapolitan
Anggota DPRD Sibuk, Cawagub Dipilih seusai Pilpres

MI/RAMDANI

PEMILIHAN calon wakil gubernur DKI Jakarta oleh DPRD DKI berpotensi mundur hingga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 selesai digelar. Pemicunya ialah banyaknya anggota DPRD yang disibukkan dengan persiapan pemilu. Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Ichwan Zayadi mengatakan fokus anggota dewan saat ini sedang terpecah akibat Pemilu 2019. Sebanyak 90% anggota DPRD DKI Jakarta diketahui menjadi peserta pemilu baik kembali mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD DKI maupun naik level menjadi calon anggota DPR RI.

"Ya, bisa saja mundur sampai selesai pemilu karena kan memang fokus sedang terpecah. Dalam pemilihan kan juga dibutuhkan jumlah anggota DPRD yang memenuhi kuorum. Kalau tidak kuorum, tidak bisa dilakukan," kata Ichwan ditemui seusai memimpin rapat Badan Musyawarah (Bamus) di Gedung DPRD DKI Jakarta, kemarin.

Saat ini pihaknya melalui rapat Bamus yang digelar tertutup sudah menyetujui dibentuknya panitia khusus pemilihan cawagub. Tahapan selanjutnya yang harus dilakukan anggota DPRD, yakni membentuk panitia pemilihan. "Panitia pemilihan inilah yang menentukan cara pemilihan nanti mau voting atau aklamasi untuk menyepakati satu nama," kata Ichwan.

Baca Juga: Polisi Tembak Mati Anggota Geng Motor di Daan Mogot

Saat ini sudah ada dua nama cawagub yang berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yakni Ahmad Syaiku dan Agung Yulianto. Keduanya terpilih melalui proses tes kepatutan dan kelayakan yang diselenggarakan PKS serta Partai Gerindra sebagai pengusung Gubernur/Wakil Gubernur Anies Baswedan-Sandiaga Uno dalam Pilkada 2017. Sandiaga Uno mundur dari kursi cawagub sejak Agustus tahun lalu lantaran mengikuti pemilihan presiden/wakil presiden.

Molornya jadwal pemilihan wagub ini bertentangan dengan keinginan Gubernur Anies Baswedan yang berharap proses itu justru rampung sebelum pilpres. "Sebaiknya lebih cepat lebih baik. Kan itu pilpres kan tidak ada urusannya sama ini. Pilpres dan pileg itu peristiwa yang dialami seluruh rakyat. Yang di sini adalah untuk Jakarta lebih baik prosesnya lebih cepat sehingga kita pun punya kepastian dari semua proses ini," kata Anies di Balai Kota, pekan lalu. (Put/J-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More