Warga Betawi Apresiasi Kepedulian Jokowi

Penulis: MI Pada: Selasa, 19 Mar 2019, 09:20 WIB Politik dan Hukum
Warga Betawi Apresiasi Kepedulian Jokowi

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) menerima pengurus ormas Forum Betawi Rempug di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (18/3/2019).

PRESIDEN Joko Widodo menerima Forum Betawi Rempug (FBR) di Istana Bogor, kemarin. Menurut Ketua Umum FBR, Luthfi Hakim, kunjungannya kali ini ke Istana Bogor sekadar silaturahim. "Pada dasarnya silaturahim biasa antara rakyat dan pemimpinnya. Alhamdulillah Jokowi berkenan menerima silaturahim kami dan sekaligus mewakili dari sekian banyak masyarakat adat," kata Luthfi seusai bertemu Jokowi.

Ia mengatakan, dalam pertemuan itu FBR menyampaikan terima kasihnya atas kepedulian Jokowi terhadap adat dan lembaga adat yang ada di Indonesia, termasuk Betawi.

Menurutnya, kepedulian Jokowi terhadap masyarakat adat sudah terlihat sejak Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Salah satu contoh, kata dia, ditunjukkan dengan pencetakan uang baru. Luthfi mengatakan, sebelum pencetakan uang baru, FBR sempat meminta agar di uang baru dipasang setidaknya satu ikon budaya atau tokoh Betawi.

Jokowi menepati janjinya. Malah, ada dua ikon Betawi yang terpampang dalam uang baru.

Baca Juga: Sandiaga Uno di Bali Disambut Spanduk Memilih Jokowi

"Kami minta satu dikasih dua. Ada di uang kertas pecahan Rp100 ribu gambar tari Topeng Betawi, dan pecahan Rp2 ribu tokoh, MH Thamrin," katanya.

Tidak hanya itu, saat menjadi Gubernur DKI, Jokowi mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 209 Tahun 2012 tentang Pakaian Adat Betawi.

"Ini menunjukkan kepedulian Jokowi terhadap Budaya Betawi. Pakaian Sadariyah, pakai peci item, ada juga cukin untuk pria dan perempuan kebaya panjang," jelasnya.

FBR juga menjanjikan akan mengerahkan anggotanya untuk mengawasi dan mengawal suara Jokowi-Amin selama proses pemungutan suara hingga rekapitulasi di setiap jenjang tuntas.

"Akan kami kerahkan juga, sama seperti pilkada," ujar Lutfi Hakim.

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mengapresiasi dukungan yang disampaikan sejumlah masyarakat Betawi. Ma'ruf berharap dukungan bisa memperkuat basis pendukung di Ibu kota.

"Kami gembira dan sangat tersanjung sebab masyarakat Betawi itu bagian penting dari komunitas di Jakarta," ucap Ma'ruf. (Pol/P-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More