Inovasi Karyawan Pertamina Diprediksi Hasilkan Rp50 Triliun

Penulis: (Sat/E-2) Pada: Selasa, 19 Mar 2019, 03:30 WIB Ekonomi
Inovasi Karyawan Pertamina Diprediksi Hasilkan Rp50 Triliun

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

DIREKTUR Utama PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan meski berstatus market leader di Indonesia, badan usaha milik negara (BUMN) yang dipimpinnya tak dapat berpuas diri. Pertamina dituntut lebih maju untuk menyikapi tantangan industri 4.0.

Salah satu caranya dengan terus berkreasi dan berinovasi melalui ajang Annual Pertamina Quality Awards (APQ) 2019. Kegiatan itu merupakan wadah bagi karyawan untuk menampilkan inovasi.

“Kegiatan ini datang dari inisiatif pekerja kita. Artinya mereka memiliki kesadaran untuk melanjutkan peningkatan dan berkembang secara terus-menerus,” ujar Nicke dalam sambutan saat pembukaan APQ Awards 2019 yang bertema Insan mutu bersi­nergi melakukan inovasi dan digitalisasi bisnis untuk merespons era revolusi industri 4.0,  Senin (18/3).

Dalam proses seleksi, 1.000 peserta yang tergabung dalam 166 gugus telah terpilih untuk berkompetisi di Kantor Pusat Pertamina di Jakarta pada 18-20 Maret 2019. Setelah melalui proses seleksi pada forum presentasi CIP di tingkat unit operasi/unit bisnis/anak perusahaan dan direktorat, terpilih 161 CIP terbaik yang dikompetisikan dalam APQ Awards 2019 serta 28 di antaranya ditampilkan dalam ekshibisi. 

Ajang yang telah memasuki tahun kesembilan ini digadang-gadang mampu menciptakan value creations mencapai Rp49,8 triliun. Angka itu naik hampir 25% jika dibandingkan dengan tahun lalu yang berada di kisaran Rp39,75 triliun. Value creation merupakan keuntungan yang dida-patkan karena proses inovasi hingga efisiensi perusahaan.

Nicke pun berharap inovasi dan perkembangan berkelanjutan terus berlangsung sehingga Pertamina semakin berprestasi ke depannya. 

“Kita harus merespons perubahan industri yang sangat cepat. Maka kita harus responsif. Jangan menjadi sleeping giant. Kita harus menjadi perusahaan besar,” imbuhnya.

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko (PIMR) Pertamina Heru Setiawan menambahkan bahwa semangat sinergi dan inovasi harus selalu ada dalam jiwa setiap insan mutu Pertamina. 

Menurut dia, hasil Continuous Improvement Program (CIP ) pada 2018 tercatat 3.169 risalah dengan value creation senilai Rp49,8 triliun. (Sat/E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More