Kemenperin Dorong Inovasi Digital

Penulis: (E-2) Pada: Selasa, 19 Mar 2019, 02:45 WIB Ekonomi
Kemenperin Dorong Inovasi Digital

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

MENTERI Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan inovasi merupakan elemen penting dari revolusi industri 4.0. Oleh karena itu, pihaknya terus mendorong inovasi sehingga Indonesia siap menapaki industri digital, baik dari segi infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM).

“Salah satu prioritas peta jalan Making Indonesia 4.0 ialah peningkatan alokasi anggaran untuk aktivitas research and development (R&D) teknologi dan inovasi. Ini adalah lompatan besar dan kerja keras yang perlu didukung segenap pemangku kepentingan,” kata Menperin saat meresmikan Future Digital Lab di Institut Teknologi Bandung (ITB), seperti dikutip situs resmi kementerian itu, Senin (18/3).

Lab pengembangan ekonomi digital bernama IoT Innovation & Future Digital Economy Lab tersebut diprakarsai Indosat Ooredoo Business. Future Digital Economy Lab diharapkan mampu menghasilkan ide inovasi, referensi desain produk, dan solusi guna menjawab kasus-kasus IoT yang dapat dikembangkan dalam skala industri untuk beragam kebutuhan, seperti pengembangan produk, layanan, manufaktur, dan marketing. 

“Dahulu di era globalisasi yang menjadi kunci ialah bahasa Inggris, sekarang di era digitalisasi kuncinya ialah koding dan statistik data. Kalau menerapkan itu, apa pun jurusan sekolahnya, kita akan siap di era digital,” ucapnya.

Lab yang baru diresmikan ini merupakan future digital economy lab yang pertama didirikan dalam program yang diprakarsai Indosat Ooredo. Selanjutnya, provider kartu seluler itu juga akan be-kerja sama dengan institusi pendidikan lain baik negeri maupun swasta. Sinergi ini untuk menyediakan sarana pembelajaran dan pengembangan talenta digital berbasis awareness dengan cara learning by doing. 

“Kami harap, dengan future digital lab ini, ITB menjadi powerhouse dalam kebangkitan digital ekonomi Indonesia dan mencapai target masuk 10 besar ekonomi dunia di 2030,” ungkapnya. (E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More