Senin 18 Maret 2019, 17:01 WIB

TKN akan Laporkan Tirto.id ke Dewan Pers dan Polri

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
TKN akan Laporkan Tirto.id ke Dewan Pers dan Polri

MI/Bayu Anggoro
Direktur Hukum dan Advokasi TKN, Ade Irfan Pulungan

 

TIM Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin akan melaporkan Tirto.id yang telah mengunggah meme berisi fitnah dan hoaks ucapan Ma’ruf Amin pada saat debat ketiga. Meme itu dinilai merugikan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 .

“Kami sudah siapkan analisa hukumnya. Kami akan laporkan meme itu karena bagi kami, meme itu merugikan,” kata Direktur Hukum dan Advokasi TKN, Ade Irfan Pulungan di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Senin (18/3).

Irfan mengaku telah berkoordinasi dengan Dewan Pers dan juga Direktorat Siber Bareskrim Polri terkait meme tersebut. TKN sepakat untuk melaporkan media itu kedua institusi tersebut.

“Waktunya paling tidak besok kami akan laporkan. Pertama ke Dewan Pers, selanjutnya ke Bareskrim Polri,” ujar dia.

Irfan menjelaskan, TKN sengaja melaporkan meme itu untuk memberikan pembelajaran agar setiap institusi media maupun individu untuk hati-hati menyebarkan informasi.

Baca juga: Pemred Tirto.id Minta Maaf

“Walaupun media online ini telah melakukan klarifikasi, tapi bagi kami ini adalah sebuah perbuatan mens rea-nya bisa terbukti,” jelasnya. (A-1)
 

Baca Juga

ANTARA/SIGID KURNIAWAN

Sandiaga dan Prabowo Bertarung pada Pilpres 2024

👤Cah/Ant/P-3 🕔Senin 30 Maret 2020, 07:25 WIB
Raihan yang diperoleh Sandi itu jauh lebih tinggi dari tokoh terkenal lainnya, seperti Prabowo Subianto yang hanya memperoleh...
ANTARA/FAUZAN

Jangan Sampai Muncul Ketidakadilan Baru

👤Rif/P-3 🕔Senin 30 Maret 2020, 07:15 WIB
Jika LP berhenti melaksanakan fungsi pemidanaan karena kelebihan kapasitas dan mewabahnya virus korona, yang menjadi pertanyaan bagaimana...
Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Cermati Dampak Penundaan

👤Indriyani Astuti 🕔Senin 30 Maret 2020, 07:10 WIB
Penundaan pilkada akan memunculkan berbagai dampak bagi KPU, parpol, para kandidat, hingga masyarakat yang empunya hak pilih. Oleh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya