Senin 18 Maret 2019, 12:15 WIB

Polisi Australia Geledah Dua Rumah Terkait Serangan Selandia Baru

Tesa Oktiana Surbakti | Internasional
Polisi Australia Geledah Dua Rumah Terkait Serangan Selandia Baru

AFP/DAVID MOIR

 

PETUGAS kepolisian antiterorisme Australia menggeledah dua rumah pada Senin (18/3) pagi. Penggeledahan terkait serangan pria bersenjata di dua masjid Selandia Baru yang menewaskan 50 orang, pekan lalu.

Rumah yang menjadi target berada di Sandy Beach dan Lawrence, New South Wales. Kedua wilayah itu dekat dengan Grafton, kota tumbuh kembang Brenton Tarrant, terduga pelaku serangan mematikan.

"Kami berupaya mencari bukti resmi yang dapat membantu penyelidikan kepolisian Selandia Baru," bunyi pernyataan resmi kepolisian Australia.

Lebih lanjut, mereka mengatakan keluarga Tarrant cukup kooperatif dalam proses penyelidikan. Sejauh ini, tidak ada informasi terkait ancaman yang menyasar publik.

Baca juga: Namanya Disebut Penembak Selandia Baru, PewDiePie Muak

Tarrant menghabiskan masa kecilnya di Grafton. Setelahnya, dia bepergian ke luar negeri dan memutuskan tinggal di Dunedin, Selandia Baru, dalam beberapa tahun terakhir. Dia didakwa melakukan pembunuhan di Selandia Baru, terkait penembakan massal yang menewaskan 50 orang dan 50 orang lainnya luka-luka di dua masjid wilayah Christchurch.

Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton, menjelaskan Tarrant hanya menghabiskan waktu 45 hari di Australia selama tiga tahun terakhir. Selain itu, dia tidak masuk dalam daftar pengawasan terorisme.

Dia menepis tudingan kepolisian antiterorisme Australia yang menyebut pihaknya mengabaikan ancaman ekstermis sayap kanan, seperti Tarrant. Dutton menegaskan pihaknya gencar melawan gerakan radikal Islam.

Organisasi Intelijen Keamanan Australia (ASIO), sambung dia, dengan cermat melacak kegiatan kelompok-kelompok sayap kanan.

"Kelompok-kelompok ekstremis ini, neo-nazi atau supremasi kulit putih, istilah apapun yang ingin Anda sebutkan, mereka telah menyesuaikan radarnya," ujar Dutton dalam sebuah wawancara.

Para pejabat ASIO dijadwalkan memberi pengarahan singkat kepada kabinet Perdana Menteri (PM) Australia, Scott Morrison, tentang serangan Selandia Baru, pada Senin ini.(AFP/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More