Senin 18 Maret 2019, 02:15 WIB

Sandiaga: Link and Match untuk Atasi Pengangguran

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Sandiaga: Link and Match untuk Atasi Pengangguran

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/

 

CAWAPRES nomor urut 02 Sandiaga Uno pada sesi debat bertema ketenagakerjaan, ia menawarkan link and match sebagai salah satu solusi atasi pengangguran.

Menurut Sandi, saat ini pengangguran mengkhawatirkan. Terlebih ketika menyangkut siswa SMK. Menurutnya, siswa SMK bisa diserap oleh lapangan kerja. Akan tetapi, dalam kenyataannya pengangguran masih didominasi oleh siswa SMK.

"Prabowo-Sandi menawarkan untuk anak muda kita link and match, karena sangat ironis, siswa siswa SMK sekarang ini yang mendominasi jumlah pengangguran kita. 61% dari pengangguran kita adalah angkatan muda," kata Sandiaga.

Selain itu, ia mengatakan akan merilis rumah siap kerja atau one stop service hingga ke tingkat desa. Nantinya, pada wadah tersebut akan ditingkatkan keterampilan dan sesuai dengan kebutuhan penyedia lapangan kerja.

Baca juga: TKN: Konsep Link and Match Sudah Dilakukan Pemerintah

Sandiaga juga mengatakan akan mewacanakan perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN diberikan insentif agar menawarkan program magang kepada para anak-anak muda yang datang di rumah siap kerja.

Ke depan, Sandiaga yakin dengan program rumah siap kerja tidak hanya meningkatkan keterampilan, melainkan membuka peluang kerja.

"Karena seorang pengangguran itu tidak butuh belas kasihan, yang di butuhkan adalah peluang," tandas Sandi. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More