Senin 18 Maret 2019, 01:45 WIB

Performa Debat Ma'ruf Amin Harus Diacungi Jempol

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Performa Debat Ma

MI/PERMANA

 

TIM Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, menilai penampilan Cawapres 01 Ma'ruf Amin dalam debat luar biasa dan di atas ekspektasi. Ma'ruf tampak terlihat menguasai permasalahan, menjawab pertanyaan dengan tepat, dan baik dalam penguasaan data.

"Kita harus acungkan jempol kepada KH Ma'ruf karena semua dijawab dengan dan menguasai angka (data). Itu beyond ekspektasi kita. Jawaban beliau sangat tepat dan dengan baik bisa mengarahkan apa yang akan dilakukan pemerintahan ke depan," kata Wakil Ketua TKN Rosan Roeslani dalam jumpa pers seusai Debat Cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Menurutnya, berbagai jawaban yang dilontarkan Cawapres 01 sepanjang debat berlangsung tepat sasaran dan menukik ke pokok persoalan. Misalnya, kala Ma'ruf ditanyai Sandiaga mengenai masalah tenaga kerja asing (TKA). Ma'ruf menjawab dengan data bahwa TKA di Indonesia hanyalah isu yang dibesar-besarkan karena jumlahnya hanya 0,01%.

Baca juga: Pengamat: Sandiaga lebih Lancar, Ma'ruf lebih Kuasai Topik

Sebaliknya, kata Roeslan, Cawapres 02 Sandiaga kerap tidak menjawab pertanyaan kepada pokok permasalahan. Contohnya ialah pertanyaan Ma'ruf mengenai instrumen pengawasan dana pendidikan yang tidak secara lugas dijawab Sandiaga.

"Performa KH Ma'ruf Amin sudah luar biasa di atas ekspektasi. Sementara 02 jawabannya kurang mengarah ke pokok persoalan jadi performanya di bawah ekspektasi," tukas Roeslan. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More