Minggu 17 Maret 2019, 23:37 WIB

Ma'ruf Amin: Program Sedekah Putih Bikin Pemahaman Kacau

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
Ma

MI/Rommy Pujianto
Calon Wapres Ma'ruf Amin (kiri) dan Sandiaga Uno saat debat cawapres di Jakarta, Minggu (17/3).

 

CALON Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin mempertanyakan gagasan Sedekah Putih untuk mencegah stunting milik cawapres Sandiaga Uno.

Program Sedekah Putih, kata Amin, tidak tepat untuk mengatasi stunting. Program itu disebut terlambat untuk mencegah stunting karena diberikan setelah anak usia dua tahun.

"Istilah Sedekah Putih menimbulkan pemahaman yang mengacaukan masyarakat karena memberikan susu setelah anak itu selesai disusukan ibunya (ASI). Padahal pencegahan stunting itu ialah sejak 1.000 hari pertama kehidupan anak bahkan sejak di kandungan," kata Amin dalam dalam Debat Cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Amin dalam segmen debat kelima itu menanyakan strategi Sandiaga dalam mengatasi stunting melalui Sedekah Putih.

Saat memberi tanggapan, Sandiaga menyatakan, makna putih dalam Sedekah Putih adalah susu. "Program utama kami adalah Indonesia emas. Siapa yang ingin menyumbangkan susu, tablet, kacang hijau, silakan."

Baca juga: Ma'ruf Ungguli Pembahasan Sosial Budaya di Debat Ketiga

Sehingga, dirinya yang menjadi pasangan calon presiden Prabowo Subianto meluncurkan program untuk memastikan ibu-ibu dan anak-anak mendapatkan protein yang cukup, susu, maupun asupan protein yang lain.

"Dan dengan program tersebut, diharapkan kita bisa mengurangi stunting secara signifikan lima tahun ke depan sesuai dengan target yang sudah kita canangkan. Kami meyakini jika pemerintah fokus pada pengurangan masalah stunting, kita akan memiliki generasi muda adalah generasi emas."

Amin lantas mengoreksi pemahaman Sandiaga mengenai pencegahan stunting. Ia menegaskan stunting perlu dicegah sejak dalam kehamilan bukan ketika anak sudah lahir atau berusia dua tahun.

"Apabila diberikan susu setelah dua tahun, tidak lagi berpengaruh untuk mencegah stunting. Karena itu menurut saya istilah sedekah putih itu menimbulkan pemahaman yang mengacaukan masyarakat," tukas Amin.

Baca Juga

Istimewa

Adaptasi dan Kepastian Hukum Bagi Notaris di era New Normal

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 18:55 WIB
MEMASUKI tatanan era baru atau new normal menjadi tantangan tersendiri bagi para notaris. Selain perlu adaptasi, dukungan regulasi dari...
Inibaru.com/i-malut.com

Jejak Ruslan Buton, Salah Satu Pelaku Pembunuhan Petani Cengkeh

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 18:13 WIB
Ruslan dan kawan-kawan diduga melakukan penganiayaan hingga La gode tewas sehingga Ruslan ditahan 1 tahun 10 bulan pada...
MI/MOHAMAD IRFAN

Dorong Kesiapan Daerah, Kemendagri Gelar Lomba Inovasi New Normal

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 17:45 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian, mengatakan bahwa diadakannya lomba inovasi itu dilatarbelakangi oleh situasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya