Minggu 17 Maret 2019, 23:10 WIB

Ma'ruf: Cegah Stunting Sejak Anak dalam Kandungan

Putri Anisa Yuliani | Politik dan Hukum
Ma

ROMMY PUJIANTO

 

DALAM debat calon wakil presiden, Ma'ruf Amin mengkritik program sedekah putih yang diusulkan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno dalam debat ketiga, Minggu (17/3) di Hotel Sultan, Jakarta.

Kritik dilemparkan Ma'ruf karena dia berpendapat bahwa sedekah putih atau memberikan kecukupan gizi bagi anak yang baru dilahirkan tidak cukup mencegah 'stunting' atau peristiwa lambat tumbuh kembang anak.

Ma'ruf berpendapat stunting haruslah dicegah sejak anak berada dalam kandungan. Ia pun menegaskan dengan Kartu Ibu dan Anak (KIA), pemerintah akan menjamin kecukupan gizi anak sejak masih dalam kandungan.

Baca juga: Penurunan Berat Badan Bisa Jadi Tanda Awal Stunting

"Dengan KIA, kita berikan ibu dana agar bisa mendapat makanan yang sehat. Sehingga saat ia mengandung ia tidak makan makanan sembarangan," ujar Ma'ruf.

Ia pun menargetkan dengan tambahan program tersebut, masa pemerintahan Joko Widodo yang memasuki periode kedua nantinya angka stunting dapat turun hingga mencapai 20%.

Ia optimistis angka itu dapat dicapai, sebab saat ini saja pemerintah telah berhasil menurunkan angka stunting hingga ke angka 30,8% dari 37% berdasarkan RIset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More