Minggu 17 Maret 2019, 23:00 WIB

Eddy: UN Tidak Membawa Manfaat

M Ilham Ramadhan Avisena | Politik dan Hukum
Eddy: UN Tidak Membawa Manfaat

MOHAMAD IRFAN

 

SEKRETARIS Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menjelaskan gagasan cawapres 02 Sandiaga Uno terkait dengan penghapusan UN (Ujian Nasional) yang disinggung dalam debat.

Menurutnya, adanya sistem UN hanya menambahkan beban siswa, oleh karenanya apa yang ditawarkan Sandi merupakan jalan alternatif yang visioner.

"Sementara apa yang kita lakukan sekarang tidak hanya membutuhkan ujian yang memang bisa dilaksanakan oleh siswa. Kita itu (inginkan) yang bisa membawa manfaat untuk jurusan yang mereka ambil berikutnya," ujar Eddy di Jakarta, Minggu (17/3).

Ia menambahkan, saat ini tidak lagi dibutuhkan UN lantaran tidak membawa manfaat bagi siswa yang sudah paham akan melanjutkan studi di bidang apa.

Baca juga: Sandiaga Sebut akan Ganti Ujian Nasional

"UN untuk pendidikan SMA tidak menambah manfaat bagi mreka yang sudah mengetahui jurusan apa yang diambil di pendidikan tinggi. Jadi kami menganggap (penghapusan UN) itu lebih praktis," terang Eddy.

Apa yang disampaikan Sandi dalan debat juga menurutnya tidak hanya membicarakan hal teknis saja, melainkan solusi.

"Pak Sandi memberikan masukan yang sifatnya tidak hanya teknis deskriptif, tapi juga solutif. Jadi kita betul betul bicara hal yang solusi, mikro, dan yang betul betul menyentuh akar permasalahan," tukas Eddy. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More