Minggu 17 Maret 2019, 21:35 WIB

Jokowi-Amin akan Membangun Badan Riset Nasional untuk Pendidikan

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Jokowi-Amin akan Membangun Badan Riset Nasional untuk Pendidikan

ROMMY PUJIANTO

 

DEBAT ketiga antarcalon wakil presiden pada segmen pertama tanya jawab, moderator Putri Ayuningtyas mengambil amplop bertuliskan D tentang tema pendidikan.

Adapun pertanyaan yang diajukan ialah 'Pendapatan domestik bruto diperkirakan akan memasuki lima besar dunia pada 2045, di mana berbasis ilmu pengetahuan dan tekniologi, dan rise menjadi utama. Bagaimana menciptakan riset untuk jawab kebutuhan tersebut?'

Kemudian Ma'ruf Amin menjawabnya dengab mengatakan, "Kami akan lakukan koordinasi dana riset di kementrian lembaga terkait. Supaya bisa disatukan, dan ada Badan Riset Nasional," katanya.


Baca juga: Janji Sandi, 200 Hari Pertama Menjabat akan Evaluasi JKN


Jokowi-Amin akan maksimalkan induk riset agar lebih efektif dan juga ia mengatakan akan ada dana abadi riset.

"Dengan upaya tersebut, kami yakin dimasa mendatang akan memajukan negara ini dan akan maju seperti ten years challenge," ucapnya.

Menyatukan lembaga yang ada untuk mengakomodir riset, diperlukan keterlibatan semua pihak, seperti pengusaha dari dunia usaha.

"Agar bisa membangun Indonesia terdepan, ten years challenge," tandasnya. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More