Minggu 17 Maret 2019, 21:15 WIB

TKN: Penghapusan Ujian Nasional Ide yang Absurd

MICOM | Humaniora
TKN: Penghapusan Ujian Nasional Ide yang Absurd

MI/MOHAMAD IRFAN

 

RENCANA penghapusan Ujian Nasional (UN) yang dilontarkan calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno dirasakan menimbulkan persoalan baru dalam dunia pendidikan.

Ketiadaan UN akan membuat standar peserta didik di Indonesia menjadi sangat besar perbedaannya. Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Maruf Amin, Irma Suryani Chaniago, mengatakan, Sandiaga perlu belajar lagi tujuan dari pelaksanaan UN.

Baca juga: Menristek Dikti Tepis Anggapan KIP Kuliah Pencitraan


"Kita sudah susah payah membangun sistem agar sumber daya nasional memiliki standar yang bisa di pertanggungjawaban, ini malah Sandiaga menyodorkan konsep yang absurd yaitu berdasarkan penelusuran minat dan bakat," kata Irma di Jakarta, Minggu (17/3).

Irma mengatakan bahwa program yang diajukan paslon nomor 02 dalam bidang pendidikan dan pembenahan sumber daya manusia tidak konkret dan mengawang-awang.

"Bandingkan dengan apa yang dipaparkan Pak Ma'ruf bahwa pemerintah akan sediakan beasiswa hingga pendidikan tinggi. Sehingga setiap anak Indonesia bisa menggantungkan cita-citanya setinggi langit tanpa khawatir dengan mahal ya biaya pendidikan," tandasnya. (RO/OL-1)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More