Rumah Sakit di Sulsel Siap Tampung Caleg Gagal yang Stres

Penulis: Lina Herlina Pada: Minggu, 17 Mar 2019, 17:15 WIB Politik dan Hukum
Rumah Sakit di Sulsel Siap Tampung Caleg Gagal yang Stres

Lina Herlina

ADA sebanyak 14.704 calon anggota legislatif (caleg) di Sulawesi Selatan yang akan memperebutkan posisi anggota dewan. Jumlah itu terdiri atas 384 caleg DPR, 1.360 caleg DPRD provinsi dan 12.960 caleg DPRD kabupate/kota. Itu belum termasuk calon senator.

Dari jumlah tersebut, hanya 919 orang yang akan terpilih jadi anggota dewan, atau hanya 6,25% dari jumlah caleg yang ada. Dan otomatis 93,75% gagal jadi caleg. Jumlah yang sangat besar.

Melihat jumlah caleg yang akan mengalami kegagalan, pada Pemilu 2019 April nanti, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan, Bachtiar Baso mengaku rumah sakit di Sulsel, siap siaga mengatasi berbagai macam penyakit termasuk gangguan kejiwaan bagi caleg gagal.

"Kita ada persiapan. Jadi sebenarnya rumah sakit sudah stand by dengan berbagai macam penyakit, termasuk gangguan stres kejiwaan dan sebagainya," kata Bachtiar.

Baca juga: [INFO GRAFIS] Kiat Mengelola Stres dan Makan Tepat Waktu

Khusus untuk gangguan kejiwaan, Bachtiar menyebut, ada Rumah Sakit Dadi, yang memang rumah sakit khusus mereka yang mengalami gangguan jiwa. "Kalau kejiwaannya dirasa sangat menggangu, kita punya rumah sakit Dadi. Penanganan kejiwaan kan, itu sudah kategori orang gila di situ," serunya.

Bagi Bactiar, bukan rahasia lagi, menjadi caleg tentu harus mengeluarkan modal yang tidak sedikit, baik untuk kampanye maupun sosialisasi. Mereka yang gagal bisa saja mengalami gangguan kejiwaan.

"Jika stres, biasa semua rumah sakit di Sulsel itu punya spesialis jiwa terutama dirumah sakit tipe B dengan beberapa rumah sakit tipe C termasuk di daerah. Mereka sudah punya dokter spesialis termasuk psikologi. Jadi bentuk penanganannya itu konsultasi dengan psikologi," urai Bachtiar.

Ia juga menambahkan, untuk Kota Makassar sendiri, karena rumah sakitnya tipe B, berarti semua ada dokter psikologis. Tapi menurutnya, selama ini, di Sulsel belum pernah ditemukan kasus caleg gagal yang mengalami gangguan kejiwaan. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More