Trump Lakukan Veto Pertama Demi Bangun Tembok

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Sabtu, 16 Mar 2019, 08:45 WIB Internasional
Trump Lakukan Veto Pertama Demi Bangun Tembok

AFP/NICHOLAS KAMM

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Jumat (15/3), menandatangani veto pertama di masa jabatannya membatalkan penolakan Kongres AS atas permintaan mendapatkan dana darurat untuk membangun tembok di perbatasan AS-Meksiko.

Trump, di Oval Office, mengaku sangat bangga setelah menandatangani veto itu.

Keputusan veto itu diambil setelah Trump mengalami kekalahan darurat pada Kamis (14/2), saat senator AS, termasuk dari Partai Republik, sepakat menolak permintaannya untuk mendapatkan dana darurat untuk membangun tembok di perbatasan dengan Meksiko.

Baca juga: Mantan Ketua Kampanye Trump Divonis 7 Tahun

Didampingi pejabat keamanan, ajudan senior, dan warga yang kehilangan kerabat mereka dalam kejahatan lintas batas, Trump mengatakan veto itu menegaskan kekuasaannya untuk mendapatkan dana tanpa bantuan Kongres demi melindungi keselamatan seluruh warga AS.

"Masuknya imigran ilegal secara besar-besaran harus berakhir. Orang benci dengan kata invasi namun itu adalah yang terjadi. Sistem imigrasi kami sudah tidak mampu mengatasinya," ujar Trump.

Lawan politik yang menuding Trump berlebihan menanggapi krisis di perbatasan kini bisa membatalkan veto itu dengan membawanya ke pangadilan.

Juru bicara DPR AS Nancy Pelosi mengatakan langkah untuk membatalkan veto Trump akan dilakukan pada 26 Maret. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More