PM Selandia Baru Pastikan Korban Tewas Aksi Teror 40 Orang

Penulis: Fajar Nugraha Pada: Sabtu, 16 Mar 2019, 06:30 WIB Internasional
PM Selandia Baru Pastikan Korban Tewas Aksi Teror 40 Orang

Diego OPATOWSKI /AFP

PERDANA Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern memastikan 40 orang tewas dan 20 lainnya terluka parah dalam aksi teror di dua masjid, Jumat (15/3).

“Selandia Baru dalam keadaan darurat ancaman tingkat tinggi. Empat orang sudah ditahan terkait serangan ini,” jelas Ardern, seperti dikutip dari AFP, Jumat (15/3).

Pelaku yang diyakini warga negara Australia, melakukan aksinya sambil live streaming di Facebook. Aksi teror itu dilakukan terhadap warga yang baru selesai melakukan Salat Jumat.

Menurut saksi di Masjid Al Noor, sekitar 200 orang berada di dalam masjid melakukan Salat Jumat. Kemudian pelaku tiba-tiba masuk dan menembaki mereka secara membabi buta.

Baca juga: Pemimpin Dunia Kutuk Serangan di Selandia Baru

Polisi mengatakan empat orang ditangkap dalam kejadian ini, termasuk terduga pelaku serangan teror. Hingga saat ini, belum diketahui apa motif dari penembakan tersebut.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengecam aksi penembakan yang terjadi di Christchurch ini.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan yang menyebutkan ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban.

Penembakan ini terjadi sehari usai Menteri Perubahan Iklim James Shaw, 45, diserang di jalan ibu kota negara tersebut. Namun, rincian penembakan masih belum jelas apakah berkaitan dengan penyerangan yang dialami Shaw. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More