Banyak Pemain Madrid Gantungkan Nasib ke Zidane

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Jumat, 15 Mar 2019, 17:39 WIB Sepak Bola
Banyak Pemain Madrid Gantungkan Nasib ke Zidane

AFP

 

ZINEDINE Zidane kembali ditunjuk jadi arsitek Real Madrid dan menandakan tanggung jawab besar harus diembannya. Pasalnya tim besar asal Spanyol ini terjerembab ke dalam jurang kekalahan di Liga Champion maupun liga lainnya.

Dengan begitu Zidane dituntut mengembalikan trah kemenangan yang sudah dirindukan pemilik, pemain dan terutama pendukung. Kembalinya sang legenda hidup Madrid ini juga menjadi jawaban untuk beberapa pemain yang tengah gamang.

Pertandingan pertama Zidane sejak diangkat kembali sebagai pelatih yakni melawan Celta Vigo pada hari Sabtu akhir pekan ini. Laga perdana sang pelatih ini sangat berarti untuk menjaga tiket Liga Champions musim depan karena untuk meraih juara liga rasanya sudah tidak mungkin akibat tertinggal diurutan ketiga dan selisih 12 poin dari Barcelona yang menempati urutan pertama.

Baca juga: Kembali Tukangi Real Madrid, Zidane Datangkan Eder Militao

Bukan hanya mengembalikan tren kemenangan bagi Madrid, nasib pemain pun berada di tangan legenda timnas Prancis ini. Pertama kelanjutan karir Gareth Bale berada di ujung tanduk di Madrid karena sepeninggalan Cristiano Ronaldo belum bisa menunjukan taji.

Namun kala Zidane menduduki kursi pelatih perdananya Bale juga dipandang sebelah mata. Pasalnya pemain Wales ini tak sebanding dengan gaji atau nama besarnya yang dibeli dari Tottenham Hotspur beberapa tahun lalu.

Kehadiran kembali Zidane bisa menjadi jawaban akhir untuk Bale, melanjutkan karir di Madrid dengan catatan bisa meningkatkan produktivitas gol atau harus duduk di kursi cadang. Pilihan lain yakni hengkang ke klub lain pada akhir musim nanti supaya bisa mengembalikan kesuburannya kala memperkuat The Lilywhites.

Zifane juga akan menentukan dua nama penjaga gawang Madrid yakni Keylor Navas atau Thibaut Courtois. Zidane sejak lama mengidolakan Navas di bawah mistar gawang Madrid dan bahkan sempat menolak keinginan manajemen untuk mendatangkan kiper baru.

Sepeninggalan Zidane, Madrid tidak memiliki halangan untuk mendapatkan Courtois sehingga menyingkirkan Navas sebagai kiper utama. Itu terjadi di era kepelatihan Santiago Solari. Namun kembalinya Zidane menjadi angin segar untuk Navas yang mengharapkan posisinya kembali diraih.

Di tengah lamanya Navas menghangatkan bangku cadangan akan menjadi pertaruhan besar bagi Zidane apabila menginginkannya kembali menjadi penjaga gawang utama. Sementara ia juga tak begitu memahami kiper yang dibeli 40 juta euro pada musim panas lalu yakni Courtois. Zidane bisa memilih satu dari keduanya dari catatan bermain karena dasar yang tepat baginya dan memperkecil potensi penyesalan yang berakibat buruk bagi tim.

Di era kepelatihan Solari, beberapa nama sempat dipromosikan ke tim utama yang otomatis menyingkirkan beberapa nama besar. Sebut saja Vinicius Junior dan Sergio Reguilon yang menempati bek kiri. Meskipun baik bagi regenerasi pemain khususnya akademi klub namun kondisi itu menepikan pemain berpengalaman yakni Marcelo.

Zidane tentu akan mengambil langkah taktis dalam memilih pemain berpengalaman atau muda yang berpotensi namun perlu diasah untuk memenuhi tuntutannya mengembalikan tren kemenangan Madrid. Marcelo tentu lebih berpeluang kembali ke orbitnya sebagai pemain utama ketimbang pemain muda yang memerlukan banyak arahan dan latihan sebelum memberikan kualitas terbaiknya.

Situasi yang sama seperti Bale juga dirasakan Isco. Kemudian juga Marcos Llorente, Casemiro, Toni Kroos dan Luka Modric akan mempertaruhkan karirnya di bawah komando Zidane. Laga perdana kala Madrid menjamu Celta Vigo akan menjadi panggung bagi pemain untuk mengambil hati Zidane sekaligus jawaban untuk masa depannya di Madrid. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More