Sektor Nonmigas Bawa Neraca Perdagangan Februari Surplus

Penulis: Andhika prasetyo Pada: Jumat, 15 Mar 2019, 10:30 WIB Ekonomi
Sektor Nonmigas Bawa Neraca Perdagangan Februari Surplus

ANTARA/SIGID KURNIAWAN

 

SETELAH selama empat bulan mengalami defisit, akhirnya pada Februari 2019, neraca perdagangan Indonesia menunjukkan adanya perbaikan dengan capaian surplus sebesar US$0,33 miliar.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengungkapkan raihan positif itu ditopang oleh catatan baik di kinerja nonmigas yang tercatat surplus US$0,79 miliar.

Surplus tersebut mampu menutup lubang defisit yang dihasilkan sektor migas US$0,46 miliar.

Ia berharap situasi tersebut dapat terus dijaga pada bulan-bulan berikutnya sehingga neraca perdagangan secara akumulatif dapat semakin membaik.

 

Baca juga: Defiist Neraca Berjalan Bisa Membaik Jadi 2%

 

Untuk saat ini, sepanjang dua bulan pertama 2019, Indonesia masih mencatat defisit US$0,73 miliar, turun dari US$1,159 miliar pada bulan pertama.

"Kita harap pada bulan-bulan berikutnya tren surplus terus berlanjut sehingga defisit neraca dagang bisa terus terpangkas," ujar Suhariyanto di kantornya, Jakarta, Jumat (15/3).

Walaupun surplus pada bulan ini masih tipis, ia mengatakan itu cukup baik untuk menopang pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2019. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More