Pemprov DKI Integrasikan Perizinan Online

Penulis: MI Pada: Jumat, 15 Mar 2019, 09:10 WIB Megapolitan
Pemprov DKI Integrasikan Perizinan Online

DOK DON PETER/VALID NEWS

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta akan mengintegrasikan sistem perizinan online single submission (OSS) dengan sistem perizinan digital milik Pemprov DKI Jakarta, Jakevo. Integrasi ini dilakukan berdasarkan gagasan pemerintah pusat. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan OSS akan menjadi aplikasi yang digunakan masyarakat untuk mengajukan perizinan. Sementara itu, sistem perizinan digital diajukan khusus untuk Jakevo diproses di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

"Kemarin disepakati masuknya lewat OSS, dari OSS kemudian langsung ke Jakevo, diproses Jakevo, kemudian ke luar izinnya. Enggak tumpang-tindih? Justru disinkronkan jadi satu," ujar Anies, di Condet, Jakarta Timur, kemarin.

Anies menambahkan, di Istana Negara, pihaknya juga sempat mengkritik sistem perizinan online di pemerintah pusat. Menurut Anies, pihaknya telah menyampaikan Jakevo yang digunakan Pemprov DKI sudah diintegrasikan dengan tata ruang Ibu Kota.

Baca Juga: Cegah Anak Menjadi Jahat secara Bersinergi

Dengan demikian, lanjutnya, izin sebuah usaha tidak akan terbit jika kategori usaha tidak sesuai dengan tata ruang Jakarta.

"Di Jakarta, kalau kita mau mendirikan usaha, harus sesuai tata ruang. Misalnya, mau bikin kegiatan yang punya limbah berbahaya, berarti tidak bisa semua tempat. Karena itu, izinnya harus menyesuaikan tata ruang," kata Anies.

Anies sebelumnya mengkritik sistem perizinan OSS yang digagas pemerintah pusat. Sebagai contoh, dia menyebutkan ada masalah dalam sistem perizinan usaha online itu sehingga tidak bisa diterapkan penuh di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Untuk itu, Anies mengatakan, timnya akan berkomunikasi dengan pihak Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk membahas sinkronisasi Jakevo dan OSS. Namun, Anies mengatakan, berdasarkan pertemuannya dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dua bulan lalu, Jakarta menginginkan sebuah satu kesatuan perizinan.

"Tidak pantas saya balas-balasan dengan Pak Menko. Ada beberapa masalah dalam sistem OSS," kata Anies.

Darmin mengritik pemprov lantaran OSS belum berjalan di Ibu Kota. Selain itu, dia meminta pemerintah daerah tidak membuat sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau online single submission/OSS tandingan seperti Jakevo. (Ssr/J-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More