CORE Sebut Penting Jaga Iklim Investasi

Penulis: Nur Aivanni Pada: Kamis, 14 Mar 2019, 20:02 WIB Ekonomi
CORE Sebut Penting Jaga Iklim Investasi

youtobe

DIREKTUR Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah menilai penting bagi pemerintah untuk menjaga iklim investasi. Jika dijaga, itu akan menjamin proses investasi berjalan dengan mudah dan lancar.

"Sangat penting (menjaga iklim investasi). Iklim investasi yang menjamin proses investasi berjalan mudah dan lancar," katanya kepada Media Indonesia, Kamis (14/3).

Menurut Piter, selama ini pemerintah terus berupaya menjaga iklim investasi. Hanya saja, imbuh dia, pemerintah kurang mau mengakui kalau masih ada masalah di dalamnya.

Baca juga: Pertumbuhan Ekspor Indonesia Ditetapkan Hanya 7,5%

Adapun terkait wacana pemerintah yang akan membentuk kementerian khusus ekspor dan investasi, dinilai Piter, bukan langkah yang tepat untuk menggenjot ekspor dan investasi.

"Masalah ekspor dan investasi kita bukan masalah kelembagaan. Selama persoalan intinya tidak diselesaikan bikin organisasi atau ngangkat menteri khusus tidak akan bisa memacu ekspor dan investasi," ucapnya.

Persoalan inti yang dimaksud Piter adalah mulai dari masalah perizinan, konsistensi kebijakan, pembebasan lahan, perburuhan, hingga koordinasi pusat dan daerah. Maka itu, kata dia, pemerintah perlu melakukan evaluasi menyeluruh terhadap semua penghambat investasi tersebut.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More