Dunia Tetap Yakin dengan Perekonomian RI

Penulis: (*/E-2) Pada: Kamis, 14 Mar 2019, 23:30 WIB Ekonomi
Dunia Tetap Yakin dengan Perekonomian RI

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings (Fitch), Kamis (14/3), kembali mengafirmasi peringkat sovereign credit rating Indonesia pada level BBB/outlook stabil (investment grade). Sebelumnya pada 2 September 2018, lembaga yang berkantor pusat di New York dan London itu telah menempatkan peringkat Indonesia pada level yang sama.

Dalam menanggapi hal itu, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan afirmasi ­rating Indonesia pada level BBB dengan outlook stabil mencerminkan keyakinan lembaga rating atas perekonomian Indonesia dan resi-liensi sektor eksternal Indonesia di tengah kondisi ekonomi global yang masih dipenuhi ­ketidakpastian. 

Tahun lalu, lembaga pemeringkat asal Jepang, Japan Credit Rating Agency Ltd (JCR), meningkatkan peringkat utang jangka panjang Indonesia dari BBB- menjadi BBB dengan prospek stabil. Peringkat  itu satu level di atas batas bawah layak investasi (investment grade). Hal itu, menurut BI, mencerminkan dunia yakin dengan perekonomian Indonesia.

“Ke depan, BI akan tetap konsisten menempuh bauran kebijakan untuk memperkuat stabilitas eks-ternal dan mendorong momentum pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait juga akan terus dipererat,” ujar Perry dalam keterangan resminya, Kamis (14/3).

Perry menyebut beberapa faktor kunci yang mendukung keputusan tersebut ialah prospek pertumbuhan ekonomi yang baik dan beban utang pemerintah yang relatif rendah di tengah tantangan, yang antara lain berasal dari masih kuatnya ketergantungan terhadap sumber pembiayaan eksternal, penerimaan pemerintah yang rendah, serta indikator struktural lainnya yang masih di bawah negara peers.

Namun, kata dia, prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia terus menunjukkan penguatan jika dibandingkan dengan negara peers. (*/E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More