Wilayah 3TP Penting Miliki Perpustakaan

Penulis: Sri Utami Pada: Kamis, 14 Mar 2019, 19:16 WIB Humaniora
Wilayah 3TP Penting Miliki Perpustakaan

Foto: Puspen Kemendagri)

UPAYA pemerintah menciptakan masyarakat gemar membaca harus dimulai dengan fasilitas dan ruang membaca yang ada di berbagai wilayah Indonesia.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan perpustakaan memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia berkualitas, mandiri dan berdaya saing di era global.

“Salah satu peran penting tersebut ialah membangun ekosistem masyarakat berpengetahuan (knowledge based society). Ini memacu pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kesenjangan pembangunan antarwilayah. Penting pembangunan perpustakaan di wilayah tertinggal, terdepan, terluar dan perbatasan (3TP)," ujar Tjahjo dalam pidatonya, Kamis (14/3).

Baca juga: Perpustakaan Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia

Ia meminta kepada seluruh pemerintah daerah untuk segera membentuk dinas perpustakaan bagi pemerintah daerah yang belum memiliki. Kemudian memperkuat struktur kelembagaan dan tata laksana perpustakaan kecamatan, desa dan kelurahan.

Selain itu, Mendagri juga mendorong penyelenggaraan perpustakaan umum di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa atau kelurahan berjalan baik.(OL-5)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More