Kamis 14 Maret 2019, 14:05 WIB

Presiden: 2020, Depati Amir akan Tampung 5 Juta Penumpang

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Presiden: 2020, Depati Amir akan Tampung 5 Juta Penumpang

Ist

 

PRESIDEN Joko Widodo mengatakan Bandara Udara Depati Amir (DA) Pangkalpinang akan di kembangkan hingga 5 juta penumpang pada 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan Joko Widodo usai meresmikan Bandara udara Depati Amir Pangkalpinang dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kalayang Belitung, di Bandara Udara DA Pangkalpinang, Kamis (14/3).

"Bandara Babel ini akan kita kembangkan (menambah daya tampungnya) 3 juta penumpang. Saat ini kan sudah 2 juta penumpang sehingga pada tahun 2020 menjadi 5 juta penumpang," kata Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata Arif Yaya, Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan.

Pengembangan bandara ini, menurut Jokowi, di bagian sebelah kiri dan akan terus dilakukan secara bertahap. Tujuannya, agar sarana dan prasarana di bandara tumbuh dengan baik.

"Kita harapkan bandara ini semakin baik, dan kunjungan wisatawanya pun semakin baik," ucapnya.

 

Baca juga: Presiden akan Resmikan Bandara Depati Amir Bangka Belitung

 

Ia menambahkan untuk KEK Tanjung Kalayang yang sudah ada selama ini, sudah memberikan dampak bagi PAD Belitung. 

"Dengan adanya KEK Tanjung Kalayang ini banyak sekali pembangunan hotel-hotel, ini berdampak teradap PAD yang naik hingga 300%," tuturnya.

Untuk diketahui, pembangunan Bandara Depati Amnir tahap satu dengan luas terminal 30.104 meter, runway 2600X45 meter, apron 51.660 meter dan cargo building 1200 meter.

Pada pengembangan tahap kedua nanti luas terminal akan bertambah menjadi 48.038 meter, runway dan cargo building tetap sedangkan untuk terminal capacity dari 3 milion pax pertahun menjadi 5 milion pax pertahun. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Bupati Manggarai Barat Minta TN Komodo Dibuka Kembali

👤John Lewar 🕔Rabu 27 Mei 2020, 08:49 WIB
Penutupan Taman Nasional Komodo membuat pendapatan Pemkab Manggarai Barat turun hingga...
ANTARA

BMKG Yogya Kembali Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 27 Mei 2020, 08:00 WIB
Kepala Stasiun Klimatologi Mlati, Reni Kraningtyas dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/5) menjelaskan gelombang tinggi tersebut dapat...
MI/Januari Hutabarat

Rusak Ekosistem, Jaring Apung di Danau Toba Harus Ditutup

👤Apul Iskandar 🕔Rabu 27 Mei 2020, 07:12 WIB
Direktur Program Kelompok Studi dan Pengembangan Prakarsa Masyarakat (KSPPM), Delima Silalahi menyatakan keberadaan jaring apung di Danau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya