Kamis 14 Maret 2019, 03:00 WIB

Warga Antusias di Pilkades Klaten

(JS/N-1) | Nusantara
Warga Antusias di Pilkades Klaten

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

 

WARGA Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, berbondong-bondong menuju tempat pemungutan suara (TPS) pemilihan kepala desa serentak gelombang II tahun ini, kemarin. Pilkades serentak gelombang II digelar di 269 desa dari 391 desa di Klaten, dengan jumlah calon 747 orang . Untuk pengamanan pilkades, Polres Klaten mengerahkan 1.200 personel.

Pantauan di Desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, warga tampak antusias untuk memberikan suaranya pada pilkades tersebut. Pilkades di desa itu digelar di SDN 1 Gemblegan. Pilkades serentak gelombang II di Desa Gemblegan diikuti tiga orang calon. Mereka ialah Purwanto (petahana), Rumboko, dan Waloya. Jumlah pemilih 4.667 orang dari 13 dukuh.

Sekretaris Desa Gemblegan, Supriyono, memberikan apresiasi kepada warganya yang antusias datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih mereka pada pilkades gelombang II tahun ini.

“Sejak pagi warga 13 dukuh di Desa Gemblengan berbondong-bondong mendatangi TPS. Pencoblosan di TPS dimulai pukul 07.30 dan akan ditutup pukul 13.00 WIB,” jelasnya.

Sementara itu, Colob, anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) Desa Gemblengan, mengatakan pelaksanaan pilkades gelombang II di desa itu berlangsung kondusif, lancar, tertib, dan aman. “Pilkades di Desa Gemblegan berjalan tertib dan aman di bawah pengamanan aparat Polres Klaten dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Pemkab Klaten,” ujarnya.

Untuk pengamanan pilkades se­rentak gelombang II, Polres Klaten mendapat dukungan dua kompi Brimob, satu kompi Dalmas Polda, dan personel dari lima polres di Soloraya.

Sehari sebelum pilkades dilaksanakan, Kapolres Klaten memastikan situasi dan kondisi kamtibmas cukup kondusif. Kepada seluruh calon yang terpilih setelah penghitungan suara, Kapolres pun mengimbau agar tidak menggerakkan pendukungnya untuk bereuforia dengan turun ke jalan.

“Saya sudah minta juga kepada calon yang menang, dengan didampingi Babinsa dan Babinkamtibmas untuk menyambangi calon yang kalah dalam pilkades, demi kondusivitas daerah di Klaten,” imbuhnya. 

Komandan Kodim 0723 Klaten, Letkol (Inf) Eko Setyawan, mengingatkan agar pasukan pengamanan pilkades menjalan­kan tugas dengan baik dan menjaga netralitas. “Jaga kondusivitas daerah tempat bertugas masing-masing,” pungkasnya. (JS/N-1)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Cegah Covid-19, Pejabat Klaten Jalani Rapid Test

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 08:00 WIB
Rapid test pejabat Pemkab Klaten menunjukkan hasil...
MI/Djoko Sardjono

Satresnarkoba Polres Klaten Tangkap Pengedar Sabu

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 07:45 WIB
Tersangka mendapatkan sabu dengan cara membeli dari Tito (DPO) melalui media...
MI/Martinus Solo

New Normal, Pemprov Papua Barat Gelar Rapid Test Massal

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 07:34 WIB
Gubernur Dominggus Mandacan mengajak seluruh masyarakat Papua Barat agar tetap disiplin menjaga diri, keluarga dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya