Senin 11 Maret 2019, 15:46 WIB

Mendag: Mahasiswa Harus Berani Jadi Wirausaha

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Mendag: Mahasiswa Harus Berani Jadi Wirausaha

Ist

 

MENTERI Perdagangan Enggartiasto Lukita mengajak mahasiswa generasi milenial untuk mau berkiprah sebagai wirausahawan (entrepreneur).

Di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang sedang baik, kata dia, berperan menjadi wirausaha bisa semakin menumbuhkan geliat ekonomi nasional.

"Ekonomi kita sedang mengukir reputasi yang layak diperhitungkan di dunia. Misalnya, perdagangan daring di nasional pertumbuhannya signifikan. Itu pun banyak yang belum tercatat seperti di media sosial. Itu karenanya kesempatan berwirausaha sangat lebar," katanya saat memberikan kuliah umum di Universitas Tarumanagara, Jakarta, Senin (11/3).

Menurutnya, Indonesia membutuhkan lebih banyak lagi wirausaha. Selain untuk menumbuhkan ekonomi, juga untuk menciptakan lapangan kerja.

"Di Indonesia anak muda hanya 31% yang menjadi entrepreneur," imbuhnya.

Baca juga: Gandeng Kemensos, Menperin Targetkan 20 ribu Wirausaha Baru

Menteri yang akrab disapa Enggar itu menuturkan kewirausahaan bisa dilakoni siapa saja. Tidak bergantung pada faktor keturunan orangtua pengusaha tapi lingkungan yang membentuk.

Dia juga memberikan kiat kepada para mahasiswa yang ingin atau sedang terjun di dunia usaha. Pertama, wirausahawan harus memiliki perencanaan matang dalam berusaha. Kedua, pemberdayaan dan kemitraan.

"Ketiga, entrepreneur harus visioner. Harus punya pemikiran ekspansif yakni membuka dan ciptakan pasar baru. Harus berani ambil risiko," ucapnya.

"Yang juga paling penting di bisnis jangan menipu, jangan ngemplang pajak. Di dunia bisnis Anda harus meraih kepercayaan," tukasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/M. Irfan

Lindungi Pekerja Informal, RUU PPRT Mendesak Disahkan

👤Antara 🕔Minggu 05 Juli 2020, 23:19 WIB
Pekerjaan rumah tangga merupakan pekerjaan yang rawan dan rentan dalam perlindungan hukum karena masih ada ditemukan...
Dok. Pribadi

SMP Ini Kembangkan Digital Islamic School Bentuk Karakter Pelajar

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 05 Juli 2020, 23:14 WIB
’’Kami membuat Al-Azka Digital Islamic School yang unggul, ’ kata Uus...
Dok. Pribadi

Prosedur Disceel Jadi Opsi Baru Perawatan Herniasi Diskus

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 05 Juli 2020, 23:12 WIB
Fungsi jaringan Diskus sebagai peredam kejut dan menjaga fleksibilitas tulang belakang untuk memudahkan semua gerakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya