Minggu 10 Maret 2019, 03:50 WIB

Tambling Rumah Satwa Endemik

Suryani Wandari Putri | Weekend
Tambling Rumah Satwa Endemik

SAMBIL menikmati segelas kopi hitam, Kak Anton, Kepala Konservasi Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC) membuka selembar peta.  Telunjuknya tertuju pada ujung pulau Sumatra yang berseberangan dengan Pulau Jawa. “Di situlah saya bekerja, di sebuah tempat lumayan terpencil bernama Tambling Wildlife Nature Conservation (TWNC),” kata Kak Anton kepada Medi, Jumat (22/2).

Keberadaan TWNC memang belum terkenal seperti kawasan korservasi lainnya lo sobat, tetapi menurut Kak Anton, TWNC mencakup 48.153 hektare hutan yang merupakan bagian dari 365 ribu hektare Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dan sekitar 14.089 hektare cadangan laut.

“Daerahnya cukup terpencil sehingga ideal untuk perlindungan kehidupan liar. Masih tertutup hutan, hampir tak ada akses jalan untuk kendaraan,” lanjutnya. Butuh 3-4 hari lo sobat untuk sampai ke sana karena kita harus berjalan kaki. Cara lain untuk sampai ke sana bisa menggunakan helikopter atau jalur laut nih sobat. Tak mengherankan flora dan fauna pun masih terjaga baik, termasuk harimau sumatra yang konon terancam punah nih sobat!  (M-3)

Baca Juga

Netflix US / AFP

Episode Ekstra Tiger King Tayang Perdana Minggu Ini

👤Fathurrozak 🕔Jumat 10 April 2020, 12:06 WIB
Namun, dalam episode kedelapan ini tidak akan ada sosok Joe Exotic yang kini tengah berada di...
Claudiu Hegedus/Unsplash.com

Cerita Unik di Balik Secangkir Dalgona Coffee

👤Raka Lestari/Medcom 🕔Jumat 10 April 2020, 09:15 WIB
Dalgona atau ppopgi dalam bahasa Korea memliki arti “sarang madu” atau gulali yang merupakan jajanan kesukaan bagi anak-anak...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto/

Ini Beberapa Cara Mencegah Meningitis

👤Adiyanto 🕔Jumat 10 April 2020, 08:35 WIB
Mencuci tangan selama 20 detik, terutama saat merawat atau berada dengan orang yang terkena infeksi juga dapat mencegah penularan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya