Sabtu 09 Maret 2019, 15:14 WIB

Presiden Ajak Milenial Taat Berkendara

Rudy Polycarpus | Humaniora
Presiden Ajak Milenial Taat Berkendara

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kiri) menyampaikan sambutan pada acara Deklarasi Keselamatan Berkendara Milenial di kawasan Jembatan Ampera, Sumatera Selatan, Sabtu (9/3/2019).

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) berbagi tips agar aman berkendara kepada para milenial di Palembang. Tips dibagikan Jokowi di acara Millenial Road Safety Festival di Jembatan Ampera, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (9/3).

"Saya ingin titip, kalau mau berkendaraan tolong dicek betul, pertama lampunya nyala enggak, spionnya harus komplit. Sebelum berkendaraan helm harus siap dan dipakai," ujar Presiden kepada puluhan ribu anak muda yang hadir hingga tumpah ke tepi Sungai Musi.

Baca juga: Jokowi Minta Militansi Lawan Hoaks Diperkuat

Tak hanya dari sisi perlengkapan, Jokowi juga mengingatkan agar kelengkapan kenderaan bermotor seperti SIM dan STNK juga disiapkan. Para milenial juga diingatkan agar tidak menggunakan ponsel ketika berkendara.

"Jangan main handphone saat berkendara. Jangan telepon-teleponan, berbahaya sekali. Naik mobil pun juga. Karena kita ini kalau pergi, ditunggu keluarga dan orang tua kita di rumah. Jadi hati-hati dalam berkendaraan," pesan mantan Wali Kota Solo itu didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Kecelakaan lalu-lintas, sambungnya, berada dalam peringkat lima penyebab kematian di dunia. Oleh karena itu, ia meminta agar masyarakat bisa lebih berhati-hati lagi. "Kecelakaan di dunia memakan korban, rangking lima. Pertama jantung, penyakit paru-paru, diabetes, dan lain-lain. Nomor lima itu kecelakaan lalu lintas. Hati-hati," ucapnya.

Dalam acara ini, Jokowi mengajak dua milenial naik ke panggung. Salah satu peserta bernama Joni menyampaikan pesan keselamatan berkendara.

Baca juga: Presiden Bakal Hadiri Deklarasi Millenial Road Safety Festival

"Harap berhati-hati apalagi kalau jalanan lagi licin. Jadi jangan lupa keselamatannya untuk perlindungan diri kita sehari-hari. Helm, sepatu, jaket, kaos tangan, dan surat-surat kendaraan yang lengkap," pesan mahasiswa semester 8 di salah satu universitas di Palembang itu.

Di penghujung acara, Jokowi bersama Kakorlantas Irjen Refdi Andri, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menekan bel secara simbolis sebagai tanda deklarasi keselamatan berlalu-lintas. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More