Kamis 07 Maret 2019, 21:05 WIB

Jateng akan Koordinasi Lintas Provinsi untuk Tangani Banjir

Antara | Nusantara
Jateng akan Koordinasi Lintas Provinsi untuk Tangani Banjir

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho.

 

PEMERINTAH Provinsi Jawa Tengah akan melakukan koordinasi lintas provinsi terkait antisipasi banjir yang terjadi di Kabupaten Klaten.

"Jangka panjangnya akan dibicarakan antarprovinsi karena sebagian air ini kiriman dari Gunungkidul, Yogyakarta," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono di sela tinjauannya ke Klaten, Kamis (7/3).

Ia mengatakan untuk banjir yang terjadi di hulu tersebut nantinya akan dicari solusi, di antaranya normalisasi sungai, tanggul sungai, dan perbaikan secara vegetatif hulu.

"Selain itu, resapan air harus dibuat yang bagus, baik itu melalui tanaman dan keberadaan dam-dam pengendali agar tidak langsung ke sini airnya," katanya.

Ia berharap dengan langkah-langkah antisipasi tersebut, ke depan banjir yang mengenai empat kecamatan di Klaten, yaitu Cawas, Wedi, Bayat, dan Trucuk tidak lagi terjadi.

Baca juga: BNPB: Waspada Banjir, Longsor, dan Puting Beliung

"Memang selama ini koordinasi lintas provinsi belum dilakukan, sehingga dalam waktu dekat ini akan segera kami tindaklanjuti," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten Nur Tjahjono Suharto mengatakan selain karena hujan yang mengguyur Klaten sejak Rabu (6/3) siang, banjir juga merupakan dampak dari meluapnya Kali Dengkeng karena kiriman air dari Gunungkidul.

"Selain banjir, hujan ini juga mengakibatkan tanah longsor di Paseban, Kecamatan Bayat. Akibatnya ada sembilan kepala keluarga yang harus diungsikan," katanya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More