Sabtu 02 Maret 2019, 20:30 WIB

Kartu Prakerja Jadi Solusi SDM di Industri Kreatif

Kartu Prakerja Jadi Solusi SDM di Industri Kreatif

ANTARA

 

KARTU Prakerja yang digagas Presiden Joko Widodo merupakan langkah jitu dalam menjawab tantangan pengembangan SDM di era disruptif teknologi. Demikian disampaikan juru bicara TKN Jokowi-Maruf Muhammad Misbakhun dalam keterangan resminya, Sabtu (2/3).

Dia mengatakan generasi milenial yang menghadapi dunia kerja yang terdisrupsi perlu disikapi dengan penyiapan kemampuan SDM yang dibutuhkan. Pengetahuan yang mereka peroleh di pendidikan formal masih perlu ditambah dengan skill yang dibutuhkan saat masuk kerja di industri kreatif.

"Kami melihat kartu Prakerja yang ditawarkan capres 01 merupakan bentuk jawaban atas kebutuhan generasi milenial dalam industri kreatif. Hal ini dirasa penting mengingat mulai bergesernya pekerjaan konvensional menjadi industri kreatif seiring perkembangan zaman yang semakin dinamis," kata Misbakhun.

Ia menambahkan profesi seperti fotografer, desainer, ataupun jenis profesi lain yang membutuhkan Kkreativitas butuh waktu transisi untuk memasukinya. Keberadaan Kartu Prakerja yang juga akan memberikan tunjangan selama masa tertentu akan membantu para pencari kerja saat mengikuti pelatihan.

Baca juga: Bertemu Milenial Kendari, Jokowi Jelaskan Program Kartu Barunya

"Dengan kartu Prakerja, kelompok milenial akan diberikan bantuan yang jumlahnya dirahasikan sebagai bentuk bantuan untuk meringankan beban orang tua, mampu mengakomodir minat dan bakat anak muda di industri kreatif serta menghilangkan stigma di masyarakat bahwa pekerjaan di sektor itu tidak menjanjikan," tandasnya.

Sebelumnya Peneliti Senior LPEM UI Muhammad Dian Revindo juga mengatakan bahwa keberadaan Kartu Prakerja sebagai hal yang baik dan bisa diaplikasikan.

Keberadaan Kartu Prakerja juga dianggap lebih transparan dalam penggunaan anggaran karena mensyaratkan para pemegang kartu mengikuti pelatihan guna mendapatkan tunjangan yang diterima dalam bentuk uang. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA/RENO ESNIR

Jaksa Pilih tak Hadirkan Sekjen PDIP di Sidang Suap KPU

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 09 Juli 2020, 15:20 WIB
Bukan berarti JPU KPK sudah menyimpulkan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto tidak ada kaitannya dengan terdakwa Wahyu...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Kronologi Penangkapan Pembobol BNI Maria Pauline Lumowa

👤Sumantri 🕔Kamis 09 Juli 2020, 15:17 WIB
Pemerintah sempat dua kali mengajukan proses ekstradisi ke Pemerintah Kerajaan Belanda pada 2010 dan 2014, karena Maria Pauline Lumowa...
Ilustrasi

Kasus Rektor UNJ Disetop, KPK: Kami Hargai Penyelidikan Kepolisia

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 09 Juli 2020, 15:09 WIB
KPK hargai penyelidikan yang dilakukan Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan gratifikasi THR yang diduga melibatkan Rektor Universitas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya