Jumat 01 Maret 2019, 22:35 WIB

Presiden Bagikan 34 Sertifikat Wakaf di Gorontalo

Rudy Polycarpus | Nusantara
Presiden Bagikan 34 Sertifikat Wakaf di Gorontalo

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

 

SEBANYAK 34 masjid, pesantren, madrasah, dan musala di Gorontalo kini memiliki sertifikat wakaf.

Semua lahan wakaf tersebut tersebar di Kota Gorontalo, Kabupaten Boalemo, dan Kabupaten Pohuwato dengan luas lahan keseluruhan mencapai 41.447 meter persegi.

"Sering saya ke daerah dan banyak sengketa yang berkaitan dengan tanah wakaf. Kami tidak ingin banyak sengketa. Baik tanah hak milik maupun tanah wakaf," ujar Presiden Joko Widodo di Masjid Agung Baiturrahman, Kabupaten Gorontalo, Jumat (1/2).

Beberapa kasus yang terjadi, menurut Presiden, adalah masjid dengan tanah yang sudah diwakafkan kemudian digugat ahli waris.


Baca juga: Bertemu Milenial Kendari, Jokowi Jelaskan Program Kartu Barunya


Oleh karena itu, Badan Pertanahan Nasional di setiap provinsi ditarget untuk menyelesaikan sejumlah bidang tanah yang berkaitan dengan tempat-tempat agama. Harapannya, semua tempat tersebut memiliki status yang jelas dan tanda bukti hak hukum atas tanah.

"Sudah ratusan ribu tanah wakaf yang telah kita serahkan dan sudah 12 juta tanah hak milik yang kita berikan kepada masyarakat. Untuk apa? Sekali lagi agar tidak terjadi sengketa tanah," kata Presiden.

Setelah itu, Jokowi dan rombongan pun langsung menuju Universitas Muhammadiyah Gorontalo guna meresmikan rumah susun bagi para mahasiswa.

Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Presiden dan Ibu Iriana langsung meninjau rusun hingga ke lantau dua. Setelah itu, Presiden meneken prasasti sebagai tanda diresmikannya rusun berlantai empat tersebut. (OL-1)

Baca Juga

MI/Ardi Teristi

DIY tidak akan Tergesa-gesa Terapkan Aturan Kenormalan Baru

👤Ardi Teristi 🕔Jumat 03 Juli 2020, 01:25 WIB
Sultan menyebut, tidak mungkin DIY akan diam saja dan menunggu sampai virus benar-benar hilang tanpa melakukan kegiatan...
Istimewa

Kemenparekraf Serahkan Bantuan untuk Pelaku Pariwisata

👤RO/Micom 🕔Kamis 02 Juli 2020, 20:46 WIB
Pelaku usaha parawisata dan ekonomi kreatif sangat terdampak pandemi...
MI?Adi Kristiadi

Dua Desa di Tasikmalaya mulai Krisis Air Bersih

👤Adi Kristiadi 🕔Kamis 02 Juli 2020, 20:40 WIB
RATUSAN warga di Kampung Sukahurip, Cijulang, Desa Mediasari dan Desa Neglasari, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, sudah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya