Kamis 28 Februari 2019, 18:56 WIB

KIP Kuliah Kunci Sejahterakan Masyarakat Desa

Andhika Prasetyo | Humaniora
KIP Kuliah Kunci Sejahterakan Masyarakat Desa

ANTARA FOTO/Indrianto Eko

 

CALON presiden nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) akan mengeluarkan program Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-Kuliah) jika kembali terpilih menjadi pemimpin negara untuk kali kedua.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan program itu dibuat bukan tanpa alasan. Sebagaimana diketahui, pemerintah pada tahun ini mulai fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM). Kebijakan itu pun akan dilanjutkan pada periode berikutnya bila Jokowi terpilih menjadi presiden periode 2019-2024.

"Itu adalah bentuk komitmen dalam membangun SDM. Anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu nanti akan bisa kuliah. Sekarang kan juga sudah ada Kartu Indonesia Pintar tapi hanya sampai SMA. Nanti bisa sampai kuliah," ujar Luhut usai membuka Pertemuan Nasional Petani Kelapa Sawit Indonesia di Hotel Orchardz, Jakarta, Kamis (28/2).

Baca juga: NU Haramkan Buang Sampah Sembarangan

Para petani, lanjutnya, juga akan menjadi pihak yang nantinya dapat memanfaatkan program tersebut. Keluarga petani yang mayoritas tinggal di perdesaan dengan penghasilan terbatas tidak perlu lagi pusing memikirkan biaya kuliah anak mereka karena itu sudah menjadi tanggungan negara.

Dengan munculnya pemuda dengan tingkat pendidikan tinggi, niscaya kesejahteraan di perdesaan akan terangkat. Ilmu yang ditimba pun dapat diterapkan untuk memutar roda perekonomian di desa termasuk pada sektor pertanian.

Meraih kesuksesan dengan peningkatan SDM, menurut Luhut, bukan lah sesuatu yang mustahil. Pasalnya, ia juga berasal dari keluarga dengan latar pendidikan yang kurang baik. Ia bercerita bahwa ayahnya hanya berprofesi sebagai sopir bus. Sementara, ibunya tidak lulus sekolah rakyat. "Sekarang itu sekolah dasar. Ibu saya tidak tamat," ucapnya.

Namun, dengan keuletan dan ketekunan, ia dan seluruh saudaranya bisa meraih kesuksesan hingga akhirnya membanggakan orang tua bahkan negara.

"Dari rahim ibu yang tidak tamat sekolah rakyat saja saya bisa seperti ini. Dengan KIP Kuliah, saya yakin jalan masyarakat akan lebih mudah," tandasnya. (OL-6)

Baca Juga

Antara/Didik Suhartono

One Gate Sistem Mampu Kendalikan Overload Pasien RS Rujukan

👤Ferdian Ananda 🕔Senin 06 Juli 2020, 14:20 WIB
Otoritas setempat telah berbenah dengan memberlakukan one gate system untuk rumah sakit rujukan...
Antara

Indonesia Berkomitmen Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 06 Juli 2020, 14:04 WIB
Indonesia memiliki komitmen untuk menurunkan GRK sebanyak 26% pada 2020 dan meningkat 29% di 2030. Oleh karena itu, berbagai program...
ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Iluni UI: UI Watch bukan Sikap Resmi Kami

👤 Indriyani Astuti 🕔Senin 06 Juli 2020, 08:12 WIB
Dari sisi organisasi, tujuan, maupun kegiatan, UI Watch tidak terkait secara struktur dan bukanlah sikap resmi dari Iluni...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya