Senin 25 Februari 2019, 19:55 WIB

Geopark Upaya Melindungi Pegunungan Meratus dari Tambang

Denny Susanto | Nusantara
Geopark Upaya Melindungi Pegunungan Meratus dari Tambang

MI/Denny S

 

GEOPARK Nasional Pegunungan Meratus diresmikan lewat pembacaan deklarasi yang dipimpin Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, di kawasan wisata Kiram Park Kabupaten Banjar. Pengelolaan geopark merupakan upaya Pemprov Kalsel untuk melindungi kawasan Pegunungan Meratus dari ekspansi pertambangan.

Deklarasi Geopark Meratus ini juga diikuti sejumlah bupati, pegiat lingkungan, serta personel grup band Slank dan penyanyi Inka Kristi, Minggu (24/2). Deklarasi Geopark Meratus ini berisi pernyataan komitmen bersama masyarakat Kalsel untuk memelihara kekayaan alam geosite dan menjaga kelestarian lingkungan pegunungan Meratus.

Geopark Meratus meliputi 36 geosite yang tersebar di 10 kabupaten/kota terbanyak berada di kawasan pegunungan Meratus Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah. Adapun geosite yang ditetapkan berupa hutan, goa, air terjun, danau, perbukitan, pegunungan karst, lembah, dan sebagainya. Termasuk kawasan pendulangan intan Cempaka Kota Banjarbaru.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, saat deklarasi Geopark Meratus mengajak semua masyarakat untuk turut menjaga dan memanfaatkan Geopark Nasional Pegunungan Meratus ini. Ia berharap keberadaan geopark atau taman bumi ini bisa berdampak positif menaikkan kesejahteraan warga lokal.

Ketua Badan Pengelola Geopark Nasional Pegunungan Meratus, Nurul Fajar Desira, mengatakan, tujuan deklarasi Geopark Meratus ini untuk melindungi dan melestarikan kawasan pegunungan Meratus yang merupakan masa depan Kalsel sebagai sumber air, paru-paru bumi, dan sumber daya alam lainnya, termasuk upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Baca juga: Geopark Meratus Diusulkan Jadi Global Geopark

Menurut Fajar, penetapan geopark Meratus dapat menjamin kawasan pegunungan Meratus bebas ekspansi pertambangan dan perkebunan sawit.

"Penetapan geopark bertujuan untuk melindungi, kegiatan pertambangan tidak boleh merambah atau merusak kawasan geosite begitu komitmennya begitu," ujarnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya segera menyusun garis deliniasi untuk melindungi spot-spot ke 36 geosite. Pegunungan Meratus sendiri menyimpan banyak potensi kekayaan alam yang patut diproteksi. Pegunungan ini terbentuk 150 juta tahun lalu akibat tumbukan lempeng Pasifik dan Asia yang memicu dasar laut naik ke permukaan.

"Ini merupakan upaya konkret Pemprov Kalsel dalam merespons kampanye penyelamatan lingkungan save meratus dengan menjadikan Meratus sebagai geopark nasional," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalsel, Isharwanto, mengatakan, Geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi dengan masyarakat setempat diajak berperan serta melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi, dan budaya yang ada di dalamnya.

Geopark ini salah satunya untuk mengubah paradigma masyarakat yang dulu kegiatanya adalah menebang pohon di hutan, sekarang mereka justru harus melindungi, selain itu juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Deklarasi Geopark Meratus yang berlangsung di kawasan wisata Kiram Park ini diisi hiburan grup band Slank dan penyanyi Inka Kristi. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More