Senin 25 Februari 2019, 16:10 WIB

Presiden akan Siapkan Anggaran Besar untuk KIP Kuliah

Antara | Ekonomi
Presiden akan Siapkan Anggaran Besar untuk KIP Kuliah

ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI

 

PRESIDEN Joko Widodo berjanji menyediakan anggaran yang jumlahnya sangat besar untuk program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sebagai program perluasan KIP yang telah diterapkan selama ini.

"Jumlahnya akan sangat besar, anggarannya kita siapkan besar," kata Presiden Jokowi setelah acara Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Uap Ekspansi 1x660 MW yang terletak di Desa Karangkandri, Slarang dan Manganti, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (25/2).

Ia menambahkan, selama ini KIP yang diberikan selama masa pemerintahannya mencakup SD, SMP, SMA/SMK. Jika terpilih kembali, ia berjanji akan memperluas KIP hingga ke jenjang perguruan tinggi berupa KIP Kuliah.

"Ya ini akan kita perluas dan kita perluas lagi sehingga anak-anak dari keluarga sejahtera yang dari tidak mampu bisa kuliah sehingga KIP itu diperluas lagi menjadi KIP Kuliah," terangnya.

Terkait besarannya, lanjut Presiden, akan dikalkulasikan kemudian dan perguruan tinggi yang dimaksud berupa universitas, politeknik baik di dalam maupun luar negeri.

Baca juga: Kebijakan Jokowi Tumbuhkan Keyakinan Indonesia Maju

Selama ini, ia mengemukakan jumlah anggaran yang dialokasikan untuk pendidikan juga sudah sangat besar.

"Kita bicara jumlah yang besar, sekarang ada yang namanya beasiswa afirmasi ada, beasiswa bidik misi ada. Tapi ini kita perluas dengan jumlah yang besar ya nanti kalau hitungannya sudah berapa mahasiswa yang bisa nanti terangkut kuliah," jelasnya.

Jokowi menambahkan sampai saat ini sudah ada 18,7 juta siswa yang mendapatkan manfaat KIP. Ia juga menjanjikan kartu sembako murah jika terpilih untuk kedua kalinya sebagai Presiden RI.

"Karena kita ingin membantu masyarakat agar gampang mendapatkan barang murah hingga pemerintah memberikan subsidi," lanjutnya.(OL-5)

Baca Juga

Ist

Water Heater Kangaroo Hadir untuk Alternatif Kebutuhan Air Hangat

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Juli 2020, 19:55 WIB
Dengan hadirnya water heater dari Kangaroo diharapkan dapat berkontribusi untuk pemenuhan kebutuhan standar masyarakat...
Ilustrasi/Medcom

Financial Planner : Saat Covid-19 Harus Bijak Rencana Pembiayaan

👤Deri Dahuri 🕔Jumat 03 Juli 2020, 19:36 WIB
Financial planner dari ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie menasihati keluarga muda harus mulai bisa mengesampingkan pengeluaran yang tidak...
Antara

Mentan dan Menteri PUPR Segera Garap Food Estate di Kalteng

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 03 Juli 2020, 18:23 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sepakat untuk segera menggarap food estate atau lumbung pangan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya