Senin 25 Februari 2019, 12:45 WIB

Unicorn Bonceng UMKM Tingkatkan Daya Saing

Cahya Mulyana | Ekonomi
Unicorn Bonceng UMKM Tingkatkan Daya Saing

Dok. Gojek

 

PERUSAHAAN startup asal Indonesia yang telah mendapat label unicorn karena tembus Rp13 triliun, Gojek membonceng pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk sukses melalui program pelatihan khusus. 

Gojek juga memberikan pendampingan dalam menghadapi tantangan bisnis, terutama di era digital.

”Dengan pendanaan seri F kemarin, Gojek berada di posisi yang semakin kuat untuk menghadirkan beragam inovasi produk dan pengalaman kepada jutaan masyarakat Indonesia,” ujar Chief Corporate Affairs Gojek, Nila Marita dalam keterangan resmi, Senin (25/2).

Menurut dia, komitmen Gojek mendukung UMKM diwujudkan melalui program Gojek Wirausaha berisi program pelatihan berbisnis pelaku UMKM dalam bentuk kelas tatap muka. 

Program ini akan memberikan dasar-dasar pengetahuan membangun bisnis agar para pelaku UMKM di seluruh Indonesia sehingga bisa naik kelas dengan masuk ke dunia digital.

Nila menerangkan Gojek Wirausaha sejalan dengan program pemerintah yang tengah mendorong kemajuan sektor UMKM, termasuk di dalamnya subsektor pasar tradisional dalam rangka memasuki era digital. 

”Sebagai sektor yang paling tahan banting di Indonesia, UMKM masih memiliki banyak tantangan terkait pengembangan bisnis mereka. Sebesar 80% di antaranya merupakan UMKM kuliner yang telah merasakan manfaat perluasan pasar secara langsung,” tambah Nila.

 

Baca juga: Tahun ini, Gojek Wirausaha Bidik 35 Ribu UMKM

 

Chief Commercial Expansion Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo, menilai keberadaan Gojek Wirausaha akan menjadi stimulus bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan usaha. Catherine pun meyakini program Gojek Wirausaha juga bisa menjadi katalis positif terhadap perekonomian Indonesia.

”Kami di Gojek percaya basis UMKM yang besar di tanah air berpotensi untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Namun demikian, terdapat tantangan yang dihadapi oleh UMKM mulai dari keterbatasan pada akses pasar yang lebih luas, akses ke teknologi, serta akses pada peningkatan skill,” tutupnya.

Saat ini, pelaku UMKM yang sudah bergabung dengan paltform Gojek sudah mencapai 400.000 merchant. Di mana 300.000 merchant di antaranya merupakan pelaku UMKM di sektor makanan dan tergabung di platform Go-Food. 

Manajemen Gojek pun menargetkan program pelatihan Gojek Wirausaha ini akan diikuti 35.000 peserta di 25 kota di Indonesia. (OL-3)

Baca Juga

MI/Ramdani

Kemenhub: Pengendalian Transportasi Hari Pertama Lebaran Kondusif

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 24 Mei 2020, 19:07 WIB
Pengawasan menyasar semua arus keluar dan masuk wilayah Jabodetabek, termasuk jalur darat, laut dan...
Antara/Muhammad Iqbal

70% Pesawat Grounded, Garuda Lakukan Prolong Inspection

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 24 Mei 2020, 14:32 WIB
Prolong inspection bertujuan menjaga kelayakan pesawat, karena rute berkurang akibat pandemi...
MI/PIUS ERLANGGA

Sri Mulyani: Tidak Ada Kesehatan, Tidak Ada Ekonomi

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 24 Mei 2020, 13:00 WIB
"Itu sebabnya, pada saat terjadi pandemi, langkah pertama pemerintah adalah mengunci terlebih dahulu dana Rp75 triliun khusus untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya