Minggu 24 Februari 2019, 18:59 WIB

Wiranto: Jokowi Rutin Sidang Kabinet Sampai 24 Kali Sebulan

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Wiranto: Jokowi Rutin Sidang Kabinet Sampai 24 Kali Sebulan

ANTARA/YUDHI MAHATMA

 

KETUA Dewan Pembina Partai Hanura yang juga menjadi Menteri Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan saat ini, Wiranto menceritakan pengalaman mengenai sidang kabinet yang dilakukan oleh Presiden Jokowi.

Menurutnya, Jokowi sering mengadakan sidang kabinet, yakni selama sebulan kurang lebih ada 24 kali sidang. Hal tersebut tidak pernah dilakukan oleh pemimpin-pemimpin sebelumnya.

"Dulu sebelumnya sidang kabinet itu lima kali sebulan, minggu pertama (bahas) politik, hukum dan keamanaan. Minggu kedua bidang kesejahteraan masyarakat. Minggu ketiga, ekonomi, Minggu keempat sidang paripurna kabinet lengkap. Minggu kelima, cadangan," ujar Wiranto di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (24/2).

"Sekarang ini tiap minggu, dua tiga kali sidang kabinet. Setiap sidang ada tiga empat perkara yang dibicangkan Presiden Jokowi. Mengapa? karena beliau mendengarkan suara rakyat. Mendengarkan hati suara rakyat. Didengarkan dibawa kesidang kabinet terbatas. Dibahas di sana, diputuskan, jadi setiap bulan tidak lebih dari 24 kali sidang kabinet," sambungnya.

 

Baca juga: Menteri Kabinet Jokowi Hadir di Debat Kedua

 

Wiranto merasa kagum dengan cara yang dilakukan Jokowi, yakni cepat merespon keluhan rakyat hingga rutin melakukan sidang kabinet terhadap jajarannya. Ia menilai apa yang dilakukan Jokowi karena pernah merasakan jadi rakyat kecil.

"Presiden suka blusukan-blusukan ke sana ke mari untuk apa? Melihat, mengecek, apa yang dirasakan rakyat. Karena beliau berasal dari rakyat kecil. Beliau waktu kecil pernah digusur di bantaran kali. Pernah jadi rakyat kecil. Pernah digusur rumahnya, tahu apa yang dipikirkan masyarakat. Tahu apa yang diprihatinkan masyarakat, dia tahu," jelas Wiranto.

Lebih lanjut, Wiranto juga membeberkan soal Jokowi yang mengetahui kinerja para menterinya serta para kepala daerah dari sidang kabinet yang rutin dilaksanakan tersebut.

"Dari hasil blusukan dia tahu mana menteri yang tidak kerja, jadi tiap blusukan mana kepala daerah yang tidak bekerja. Dikoreksi lagi, bener enggak. Ini cara kerja beliau yang saya anggap luar biasa," tandas Wiranto. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Pimpinan DPR Akan Minta Klarifikasi Komisi VII

👤Putra Ananda 🕔Jumat 03 Juli 2020, 20:32 WIB
Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, mengungkapkan pimpinan DPR akan meminta klarifikasi kepada Komisi VII. Klarifikasi tersebut dilakukan...
Mabes AD

KSAD Dukung Program Bela Negara untuk Milenial

👤Ant 🕔Jumat 03 Juli 2020, 20:22 WIB
Program bela negara ini dikemas dengan memanfaatkan media digital dan melalui ide-ide kreatif dalam...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

MKD Tunggu Laporan Terkait Pengusiran Dirut Inalum

👤Putra Ananda 🕔Jumat 03 Juli 2020, 20:14 WIB
Setelah menerima laporan, maka MKD akan melakukan pemeriksaan dan klarifikasi kepada anggota dewan yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya