Buang Sampah Sembarangan di Belitung Didenda Rp100 Ribu

Penulis: Rendy Ferdiansyah Pada: Sabtu, 23 Feb 2019, 11:00 WIB Nusantara
Buang Sampah Sembarangan di Belitung Didenda Rp100 Ribu

MI/Rendy Ferdiansyah
Bupati Belitung Sahani Saleh (kanan) dan Wakil Bupati Belitung (kiri) berfoto bermasa Duta Lingkungan Hidup KLH Lusyani Suwandi.

MASYARAKAT di pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel) kini harus berhati-hati. Pasalnya, bagi mereka yang membuang sampah sembarangan akan didenda Rp100 ribu. Sanksi ini guna memberikan efek jera.

"Kami akan lakukan OTT alias Operasi Tangkap Tangan bagi pembuang sampah sembarangan. Bahkan, di satu titik akan ada layar videotron yang menayangkan si pelaku buang sampah selama tiga hari. Dia akan kita denda Rp100 ribu. Sanksi ini agar ada efek jera," kata Bupati Belitung Sahani Saleh, Sabtu (23/2).

Baca juga: Ridwan Kamil Tegaskan Komitmen Menangkan Jokowi-Ma'ruf

Sebagai payung hukumnya, Sahani mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) OTT pembuang sampah tidak pada tempatnya dan pembuatan timbulan sampah/daur ulang. Selain itu, lanjut Sahani, untuk menanggulangi Sampah yang ada di Belitung, pihaknya meluncurkan program Laskar Pelangi Bersih dari Sampah (LEBAH) di kawasan Tanjung Pendam Belitung.

LEBAH dijelaskanya merupakan satuan tugas (satgas) khusus yang dibentuk pemerintah daerah untuk patroli kebersihan. Saat ini, satgas tersebut kita terbangkan untuk menanggulangi sampah.

"Laskar ini fungsinya memberikan edukasi ke masyarakat agar mengurangi kadar sampah rumah tangga, tidak buang sampah sembarangan, pakai barang non plastik yang ramah lingkungan dan lainnya. Hari ini kita nyatakan perang terhadap sampah," ujarnya.

Duta Lingkungan Hidup KLH, Lusyani Suwandi, mengapresiasi program dan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemkab Belitung.

"Laskar Bersih dari Sampah atau LEBAH merupakan program cerdas dari Pak Sahani dan Pak Isyak. Cita-cita kedua pemimpin kita ini ingin Belitung bebas dari sampah. Apalagi daerah ini potensi wisatanya luar biasa. Maka kita harus dukung penuh," kata perempuan yang juga politisi NasDem ini.

Bagi Lusyani, dengan adanya LEBAH, Belitung akan terbebas dari sampah. Dan sudah barang tentu, warga pun akan sehat karena lingkungan bersih.

"Program ini harus kita gaungkan terus sampai ke pelosok desa, bahkan ke daerah lain. Semoga Belitung jadi pilot project daerah yang bersih dan bebas dari sampah," tutupnya. (OL-6)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More