Ditemukan Fosil Oviraptorosaurus Baru

Penulis: MI Pada: Sabtu, 23 Feb 2019, 10:40 WIB Humaniora
Ditemukan Fosil Oviraptorosaurus Baru

SUNGJIN LEE DKK

 PENELITI dari Seoul National University, Korea Selatan, baru-baru ini menemukan spesies baru oviraptorosaurus dari Late Cretaceous di Mongolia. Oviraptorosaurus merupakan kelompok dinosaurus berbulu, seperti burung dari Cretaceous Asia dan Amerika Utara. Meskipun banyak sekali kerangka oviraptorosaurus yang hampir lengkap ditemukan di Tiongkok Selatan dan Mongolia, pola makan dinosaurus tak bergigi ini masih belum jelas.

Spesies baru yang diberi nama Gobiraptor minutus itu dapat dibedakan dari oviraptorosaurus lain karena memiliki rahang menebal yang tidak biasa. Morfologi yang unik ini menunjukkan Gobiraptor menggunakan strategi makan yang menghancurkan, ini mendukung hipotesis sebelumnya yang memperkirakan oviraptorosaurus mungkin memakan makanan keras, seperti telur, biji, atau moluska bercangkang keras.

Temuan spesies oviraptorosaurus baru di Formasi Nemegt, yang sebagian besar terdiri atas endapan sungai dan danau itu, juga menegaskan dinosaurus tersebut sangat beradaptasi dengan lingkungan basah. Para penulis mengusulkan, pola makan yang berbeda sehingga dapat menjelaskan keragaman taksonomi yang luas dan keberhasilan evolusi kelompok itu di wilayah tersebut.

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More