Kamis 21 Februari 2019, 06:45 WIB

Panelis Bisa Tanya Langsung ke Cawapres

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Panelis Bisa Tanya Langsung ke Cawapres

MI/ROMMY PUJIANTO

 

KOMISI Pemilihan Umum akan menawarkan kepada kedua tim kampanye calon presiden dan calon wakil presiden pada debat Pilpres 2019 putaran ketiga agar panelis bisa bertanya langsung kepada kedua cawapres (KH Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno).

"Kami inisiasi ada pertanyaan langsung dari pihak yang terlibat dan kompeten dengan tema. Jadi, misalnya, pakar pendidikan bisa tanya langsung (kepada kandidat)," ungkap Komisioner KPU Wahyu Setiawan di gedung KPU, Jakarta, kemarin.

Wahyu menerangkan bahwa pertanyaan dari panelis tetap masih ada. Namun, gagasan baru ini masih harus dibahas pada rapat berikutnya bersama kedua tim kampanye.

"Pertanyaan dari panelis tetap ada. Namun, kemudian kita ingin menambah melalui gagasan baru ini. Sekali lagi ini gagasan KPU, belum diputuskan," terangnya.

Debat ketiga dengan peserta cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno, akan memaparkan visi-misi dan program mengenai isu pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Debat akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Dalam debat pertama dan kedua, pertanyaan dari panelis diberikan dalam bentuk undian kepada kandidat.

Di sisi lain, pascakejadian ledakan di Parkir Timur Senayan pada debat kedua lalu, KPU akan meniadakan nonton bareng pada debat ketiga nantinya.

"Itu masukan dari Tim Kampanye Nasional (Jokowi-Ma'ruf Amin) dan Badan Pemenangan Nasional (Prabowo-Sandiaga). Ditiadakan untuk mengurangi risiko," ungkap Wahyu.

Terpisah, Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno memastikan cawapres Sandiaga Uno tidak akan menyerang cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin, dalam debat putaran ketiga.

"Kami tidak pernah mengenal kata menyerang, tetapi argumentatif," kata Eddy di Jalan Daksa 1 Nomor 10, Jakarta, kemarin.

Setelah debat ketiga, KPU akan menggelar debat keempat di Hotel Sultan, Jakarta, pada 30 Maret, dengan peserta capres dengan tema soal ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional.

Sementara untuk debat kelima, KPU belum memutuskan tanggal dan lokasi debat. (Ins/X-4)

Baca Juga

MI/ Adam Dwi

Wapres: Di Balik Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 24 Mei 2020, 20:11 WIB
Dalam khotbahnya, ungkap Masduki, Wapres Ma'ruf menyingung perayaan lebaran tahun ini berada dalam kondisi keprihatinan karena pandemi...
MI/ Adam Dwi

Wapres: Hadapi Pandemi Korona dengan Optimistis

👤Emir Chairullah 🕔Minggu 24 Mei 2020, 19:58 WIB
“Tidak boleh ada pesimisme. Tidak boleh putus asa. Dalam agama tidak boleh berputus asa harus terus...
DOK DPR RI

Indonesia Punya Modal Sosial Besar Guna Lawan Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Mei 2020, 13:00 WIB
Ace Hasan juga menilai bahwa masyarakat global juga berpandangan sama tentang tingginya modal sosial yang dimiliki...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya