Tambang Galian C Longsor Timpa 7 Truk

Penulis: (AS/MS/JH/AD/N-2) Pada: Kamis, 21 Feb 2019, 02:30 WIB Nusantara
Tambang Galian C Longsor Timpa 7 Truk

ANTARA FOTO/Aji Styawan

TEBING setinggi 15 meter di kawasan tambang galian C berlokasi di Kelurahan Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, runtuh, kemarin. Akibatnya, tujuh dump truck yang ada di bawahnya tertimbun dan satu sopir terluka.

“Kami kaget karena tiba-tiba terdengar suara gemuruh seperti benda jatuh dalam jumlah banyak dari arah tebing yang sedang digali,” kata Warseno, 38, pengemudi truk angkutan tanah.

Pengawas galian tambang, Daryono, membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, tujuh truk itu sedang parkir untuk menunggu pemuatan tanah dan batu dari tebing. Namun, pada saat itu justru tebing yang sedang digali longsor dan menimbun truk-truk tersebut. “Rata-rata truk-truk mengalami kerusakan parah. Bahkan, ada satu truk yang sampai sekarang belum bisa dievakuasi,” jelas Daryono.

Biasanya saat truk diparkir, para sopir beristirahat jauh dari lokasi penambangan. Namun, saat peristiwa itu ada satu sopir sedang berada di sekitar parkiran truk. Kini korban dirawat di RS Mranggen, Demak. Terkait dengan penambangan­ liar galian C juga terjadi di Kota Sorong, Papua Barat. Bila musim tiba, galian C yang dibiarkan itu menjadi sumber banjir.

“Galian C yang ada di Kota Sorong menjadi sumber banjir sebab pasir untuk pembangunan seperti pasir laut yang putih diambil dari perbukitan di pinggiran Kota Sorong,” jelas Anton Kalasuat, warga Kota Sorong yang rumahnya sering kebanjiran akibat penambangan­ galian C secara liar.

Dari Sumatra Utara, penambangan pasir sungai di Kabupaten Tapanuli Utara cukup masif. Ketua LSM Laskar Antikorupsi Indonesia Cabang Kabupaten Tapanuli Utara, Harapan Silalahi, mengatakan perlu ditelisik perizinan galian tambang C yang marak di Tapanuli Utara.

“Pemerintah daerah sulit melakukan penertiban galian C tersebut sebab di saat Satpol PP melakukan penertiban di lapangan, instansi lainnya bergerak membekingi penambang dengan segala cara. Ini sudah menjadi rahasia umum di Tapanuli Utara,” ujarnya.

Pada kesempatan berbeda, Kepala Dinas Satpol PP Rudi Sitorus mengatakan pihaknya tetap akan menertibkan tambang liar. “Ini sesuai dengan peraturan daerah. Kalau tidak punya izin, tidak boleh menambang,” tegasnya. (AS/MS/JH/AD/N-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More