DIY Perlu Perda Bahasa Jawa

Penulis: (AU/N-2) Pada: Kamis, 21 Feb 2019, 02:15 WIB Nusantara
 DIY Perlu Perda Bahasa Jawa

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

KECENDERUNGAN saat ini budaya daerah termasuk di dalamnya ialah bahasa Jawa semakin dilupakan. ­Apalagi, di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang menjadi jantungnya kebudayaan Jawa.

Untuk memperkuat keberadaan bahasa Jawa, diperlukan peraturan daerah. Hal itu ditegaskan ­Kepala Balai Bahasa DIY, Pardi Suratno, dalam diskusi penyusunan Raperda Pelestarian Huruf dan Bahasa Jawa yang diselenggarakan di Gedung DPRD DIY, ­ Rabu (20/2).
Pardi membenarkan, saat ini penggunaan bahasa Jawa terus merosot. Bahkan, pelajaran bahasa Jawa sudah tidak mampu melahirkan anak-anak yang mahir berbahasa Jawa.

Menurutnya, perlu adanya revisi penggunaan huruf Jawa untuk kepentingan formal. Kebanyakan kini huruf Jawa hanya mengambil dari internet, yang kadang keliru. (AU/N-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More