Rabu 20 Februari 2019, 20:02 WIB

Brexit akan Datangkan Banyak Peluang untuk Indonesia

Cahya Mulyana | Ekonomi
Brexit akan Datangkan Banyak Peluang untuk Indonesia

Dok. MI

 

DUTA Besar Britania Raya untuk Indonesia, Nonresiden untuk Timor Leste dan Perwakilan untuk ASEAN Moazzam Malik mengatakan keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa atau British Exit (Brexit) memberikan peluang besar dalam berbagai sektor bagi Indonesia. Untuk meredam dampak ekonomi dari keputusan tersebut Inggris juga akan meningkatkan kerja sama dengan negara kuat lain di Asia.

"Tidak ada hambatan yang muncul dari Brexit dalam kerja sama Indonesia dengan Inggris. Malah sebaliknya, dari Brexit ini memberikan kesempatan-kesempatan lebih besar," terangnya saat dijumpai di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta, Rabu (20/2).

Menurut dia, peluang kerja sama Inggris yang semula didapatkan negara-negara Eropa akan beralih dan Indonesia menjadi salah satunya. Itu melingkupi beberapa sektor khususnya perdagangan atau lebih luas lagi ekonomi yang akan didapatkan Indonesia.

Baca juga: Dubes Inggris: Brexit tak Bisa Ditawar

Moazzam mengatakan, keputusan Brexit yang dipilih masyarakat Inggris melalui referendum memberikan dampak negatif. Namun hal itu berlangsung hanya dalam jangka waktu singkat.

Untuk mengatasinya, kata dia, pemerintah Inggris memperlebar peluang kerja sama seperti dengan Indonesia. "Kami juga sedang meningkatkan kerja sama dengan sejumlah negara termasuk di Asia khususnya Indonesia, India, dan Tiongkok. Kemudian nanti setelah resmi Brexit kita akan terus meningkatkan strategi tersebut," paparnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More