Rabu 20 Februari 2019, 11:50 WIB

KPU Gelar Rapat Bahas Evaluasi Debat Kedua Bersama Kedua Timses

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
KPU Gelar Rapat Bahas Evaluasi Debat Kedua Bersama Kedua Timses

MI/Adam Dwi

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) melakukan rapat dengan perwakilan tim kampanye kedua paslon. Rapat tersebut guna membahas evaluasi debat kedua dan persiapan debat ketiga.

"Ya semuanya karena menjadi prosedur tetap kita setiap kegiatan debat kita evaluasi. Sehingga kedepan akan ada perbaikan-perbaikan dan dimungkinkan ada format dan mekanisme debat yang baru," terang Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, di Gedung KPU, Menteng, Jakarta, Rabu (20/2).

Menurut Wahyu, pihaknya sudah menyiapkan adanya konsep awal untuk debat ketiga yang akan diselenggarakan pada (17/3). Namun pihaknya harus melakukan evaluasi dari debat kedua bersama perwakilan tim kampanye 01 dan 02.

"Ya semua pihak yang kasih masukan kita terima. Tetapi eksekusinya itu menjadi kewenangan KPU untuk beberapa hal. Tapi untuk moderator debat berikutnya memang harus disetujui oleh kedua belah pihak. Jadi yang kurang baik kita perbaiki yang sudah baik kita pertahankan syukur-syukur kita tingkatkan," ujar Wahyu.

 

Baca juga: KPU Berharap Komplain Debat tidak Berlebihan

 

Wahyu menjelaskan untuk evaluasi yang dilakukan bersama kedua tim kampanye, terkait format dan mekanisme debat ketiga. Hal teknis seperti tata pelaksanaan debat, tata letak panggung, serta mengenai ketertiban saat debat berlangsung.

Kemudian, dalam evaluasi juga membahas soal komplain dari tim 02 mengenai adanya tudingan serangan personal yang dilemparkan capres Jokowi kepada Prabowo saat debat kedua kemarin. KPU, kata Wahyu, menyerahkan kepada Bawaslu untuk menindaklanjuti laporan komplain tim 02 tersebut.

"Menyerang pribadi atau tidak menyerang pribadi karena debat itu salah satu metode dari 9 metode kampanye maka lembaga yang dapat menafsirkan apakah pernyataan capres 01 itu menyerang secara pribadi atau tidak, itu hanya Bawaslu," pungkas Wahyu. (OL-3)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Presiden Minta Disiplin Sosial Protokol Kesehatan Diperketat

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:25 WIB
Protokol kesehatan akan diberlakukan di semua sektor aktivitas mulai dari pemerintahan, perekonomian hingga keseharian...
Tangkapan layar Youtube Deddy Corbuzier

Soal Siti Fadilah, DitjenPas dan Rutan Pondok Bambu Disebut Lalai

👤Anggitondi Martaon 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:04 WIB
"Tentunya, jika pihak Ditjen Pemasyarakatan mengikuti protokoler pendampingan berobat warga binaan secara ketat, wawancara ini tidak...
MI/Gino F Hadi

Remisi Gayus Tambunan Dinilai Langgar Aturan

👤Emir Chairullah 🕔Rabu 27 Mei 2020, 08:30 WIB
Salah satu ketentuan penerima remisi harus menjadi justice collaborator...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya