RI Siapkan Tim Lobi Olimpiade 2032

Penulis: Akmal Fauzi Pada: Rabu, 20 Feb 2019, 07:30 WIB Olahraga
RI Siapkan Tim Lobi Olimpiade 2032

MI/ROMMY PUJIANTO

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga segera menyiapkan tim lobi untuk meyakinkan negara-negara anggota International Olympic Committee (IOC) bahwa Indonesia sudah siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Kita selalu siap jadi tuan rumah Olimpiade 2032, apalagi surat kesediaan itu sudah diserahkan ke IOC. Tinggal kita segera bentuk tim lobi untuk meyakinkan negara-negara anggota sehingga bisa menang bidding," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, semalam.

Karena itu, sambungnya, dirinya akan segera menghadap Presiden dalam waktu dekat untuk melaporkan rencana pembentukan tim lobi itu.

"Tim lobi akan beranggotakan Kementerian Luar Negeri, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan, kementerian/lembaga terkait lainnya," ujar Imam.

Di kesempatan terpisah, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir menegaskan Indonesia siap menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar dunia itu.

Kesiapan itu, kata Erick, berkaca dari Asian Games 2018 yang sukses meski disiapkan hanya dalam 27 bulan.

Menurut dia, setelah mendaftar, langkah selanjutnya bagi Indonesia ialah harus lebih sering menggelar single event bertaraf internasional sebagai ajang persiapan.

Salah satunya, kata Erick, Indonesia akan menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang untuk Piala Dunia Bola Basket 2023. "Saya berharap federasi olahraga lainnya di Tanah Air juga banyak melakukan hal tersebut sebagai upaya lobi dan persiapan."

Serahkan surat
Pekan lalu, Dubes RI untuk Swiss Muliaman D Hadad juga sudah menyerahkan surat asli Presiden RI kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss. Surat itu menyatakan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Pada pertemuan dengan Dubes RI itu, Christophe Dubi selaku Executive Director IOC menyampaikan respons positif  atas aplikasi Indonesia.

"IOC sudah mengakui kapabilitas Indonesia pada penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang sukses. Kami rasa ini menjadi fondasi yang cukup kuat," tutur Dubi. (Mal/Ins/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More