Selasa 19 Februari 2019, 11:05 WIB

Gunung Merapi Luncurkan Satu Kali Lava Pijar

Antara | Nusantara
Gunung Merapi Luncurkan Satu Kali Lava Pijar

ANTARA FOTO/Agus Sarnyata

 

BALAI Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan Gunung Merapi meluncurkan satu kali guguran lava pijar pada Selasa (19/2).

Melalui akun twitter yang dipantau Antara di Yogyakarta, BPPTKG menyebutkan berdasarkan data seismik pada Selasa, pukul 00.00-06.00 WIB, dari gunung api itu terekam empat kali gempa guguran dengan durasi 16-55 detik.     

Selanjutnya, satu kali guguran lava pijar teramati dari CCTV meluncur ke arah Kali Gendol dengan jarak luncur 500 meter.

Berdasarkan pengamatan via PGM Kaliurang, kawasan Gunung Merapi pada Selasa pagi secara visual tampak dengan suhu udara berkisar 19,6 derajat Celsius, kelembaban udara 90 persen RH, angin tenang, dan tekanan udara 919,2 Hpa.

 

Baca juga: Warga Diminta Waspadai Aktivitas Gunung Merapi

 
Pada Senin (18/2), berdasarkan hasil pemantauan mulai pukul 00.00-24,00 WIB, BPPTKG mencatat total tuju kali awan panas guguran yang keluar dari Gunung Merapi dengan jarak luncur 200-1.000 meter.
     
Selama pemantauan itu, asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 100 meter di atas puncak kawah.

Guguran lava pijar teramati 30 kali ke tenggara (Kali Gendol) dengan jarak luncur berkisar 150-900 meter.

Menurut analisis morfologi kubah lava Gunung Merapi yang dirilis BPPTKG untuk periode 8-14 Februari 2019, volume kubah lava gunung itu relatif tetap dengan data pekan sebelumnya, yakni 461.000 meter kubik dengan laju pertumbuhan 1.300 meter kubik per hari. 

Kubah lava masih stabil dengan laju pertumbuhan yang rendah, rata-rata kurang dari 20.000 meter kubik per hari.

BPPTKG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Berhubung sudah terjadi beberapa kali awan panas guguran yang jarak luncurnya semakin jauh, BPPTKG meminta masyarakat yang tinggal di alur Kali Gendol meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi. (OL-3)

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Mulai Besok, Gubernur Babel Batasi Penerbangan Sehari Sekali

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:33 WIB
Kebijakan tersebut diambil Erzaldi untuk menahan arus mobilisasi manusia dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus...
AFP/SONNY TUMBELAKA

Minggu Kedua April, Semua PDP Bali Dipindahkan ke RS PTN Jimbaran

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:20 WIB
Seluruh PDP di Bali akan serentak dipindahkan dan dipusatkan di RSPTN Universitas Udayana minggu kedua April agar  penanganan PDP...
Antara

Pemkab Sukabumi Sterilisasi Akses Masuk di Perbatasan

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 29 Maret 2020, 10:40 WIB
Pemkab Sukabumi mensterilkan orang-orang yang masuk dan juga kendaraannya yang keluar dan masuk ke Sukabumi untuk menekan penyebaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya