TKN Siapkan Debat Kedua jadi Podium untuk Rakyat

Penulis: Akmal Fauzi Pada: Sabtu, 16 Feb 2019, 19:19 WIB Politik dan Hukum
TKN Siapkan Debat Kedua jadi Podium untuk Rakyat

MI/MOHAMAD IRFAN

TIM Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin telah membentuk dua tim untuk debat kedua yang berlangsung pada Minggu (16/2). Tim itu telah bekerja untuk mematangkan konten tema debat dan tim juga yang menyiapkan di luar arena debat.

Sekretaris TKN Jokowi-Amin, Hasto Kristiyanto mengatakan, dalam tim konten yang dipimpin langsung oleh Ketua TKN Erick Thohir telah mematangkan poin-poin dalam seputar tema debat. Adapun debat kedua Pilpres mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, dan infrastuktur.

“Tim yang secara maraton bekerja. Dari konten dan juga seluruh strategi di dalam debat ini langsung dipimpin oleh Bapak Erick Thohir bersama dengan Arief Budimanta. Dan tim di luar itu nanti saya yang akan memimpin langsung dan kami baru saja berkoordinasi dengan seluruh parpol dan relawan,” kata Hasto di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Sabtu (16/2).

Hasto mengatakan Jokowi telah menguasai materi debat. Masalah lingkungan, misalnya. Kata Hasto, Jokowi selama ini memperhatikan isu lingkungan. Menurutnya, capaian kerja Jokowi selama memimpin jadi kekuatan dalam debat nanti.

“Kekuatan kerja, kekuatan prestasi dari pak Jokowi itu yang akan jadi daya keunggulan. Apa pun pak Jokowi sudah melakukan,” jelasnya

Hasto menyebut Jokowi tak akan menjual janji di debat nanti seperti yang disiapkan Tim Prabowo Subianto. Menurutnya, Jokowi harus menyampaikan apa yang sudah dilakukan selama menjadi presiden.

Menurutnya, debat adalah proses komunikasi politik. Untuk itu, penting mempersiapkan tidak hanya penampilan capres dan cawapres, namun juga persiapan untuk masyarakat.

Tim yang dipimpin untuk di luar arena debat akan dibuat podium rakyat dengan mengadakan nonton bareng.

“Kami akan jadikan podium rakyat sehingga debat itu betul-betul menghibur, membawa kebahagian tetapi sekaligus membangun harapan dan tidak terlepas dari pendidikan politik bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Hasto

Terpisah, Juru Bicara TKN Jokowi-Amin, Ace Hasan Syadzily mengatakan, capres petahana, Jokowi telah melakukan simulasi untuk menyesuaikan format debat yang baru.

Simulasi tersebut tak secara khusus terkait dengan tema. Melainkan, simulasi hanya penyesuaian terhadap format debat yang berbeda dari debat perdana.

“Kalau untuk tema itu kan pak Jokowi banget lah. Jadi tentu nanti akan kejutan. Kejutan itu nanti bisa dilihat dalam debat," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (16/2). (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More