Kehangatan Hamburg di Ishigamaya

Penulis: Suryani Wandari Putri Pada: Minggu, 17 Feb 2019, 00:00 WIB Weekend
Kehangatan Hamburg di Ishigamaya

MI/ADAM DWI

DAGING cencang berbentuk bulat terletak di atas spageti, di sampingnya ada jagung dan buncis. Semua makanan itu disajikan di atas hot plate.  

Turut mendampingi daging tersebut, saus orisinal khas Jepang yang berbasis kecap kedelai dengan cita rasa asin. Saus itu wajib disiramkan ke atas daging sebelum disantap dan menjadi pengikat hidangan.

Saat saus disiramkan, suara mendesis langsung terdengar. Disusul asap mengepul dengan aroma daging yang khas. Aroma dari hidangan hamburg yang menjadi signature dish restoran Ishigamaya sangat menggoda untuk disantap.

Benar saja, tidak perlu tenaga keras membelah daging yang disajikan medium ini. Cukup dengan colekan garpu atau sumpit, hamburg terbelah dengan mudah. Teksturnya lembut mirip dengan bakso, tetapi tidak kenyal. Sangat pas dipadukan dengan pasta dan sayurannya. Hidangan ini semakin lengkap dengan nasi putih dan salad.

Ishigamaya merupakan restoran Jepang dengan spesialisasi hidangan hamburg. Restoran ini merupakan gerai pertama mereka di Indonesia yang terletak di Plaza Indonesia, Jakarta Selatan.

Selain sushi, hamburg menjadi hidangan yang populer di Jepang. Sajian berupa daging cencang panggang ini terinspirasi dari negara Barat.

"Selalu ada antrean yang pajang untuk menikmati hamburg terbaik di gerai-gerai Ishigamaya di Jepang," kata President of PT Kichiri Rizki Abadi, Shota Kidokoro, perusahaan yang mengelola brand Ishigamaya di Indonesia, Selasa (12/2).

Hamburg, kata Shota, merupakan simbol sajian daging dan sumber energi bagi masyarakat Jepang. Hidangan itu terbuat dari daging cencang yang dibentuk bulat dan dipipihkan dengan bumbu berupa garam, merica, dan bawang bombai.

Minimnya bumbu itu membuat kualitas daging harus diutamakan, apalagi bila daging tersebut diolah dengan teknik yang tepat.

"Kami memakai daging sapi wagyu impor terbaik. Sapinya diternakkan di lingkungan yang mendukung dengan asupan pangan yang berkualitas," ujar chef Ishigamaya, Yukihito Sakase.

Daging dari sapi ini memiliki kandungan lemak yang pas. Bongkah daging sapi ini dipotong dan langsung dicencang para koki dengan ukuran yang paling tepat untuk menjadi hamburg.

Dari teknik, restoran ini menggunakan oven batu khusus, mirip oven untuk piza. Namun, teknik itu tidak sepenuhnya tradisional karena dipanggang memanfaatkan efek sinar inframerah.

"Daging itu dipanggang dalam temperatur mencapai 400 derajat celsius. Temperatur sangat tinggi itu menghasilkan hamburg yang kering di luar, tapi lembut di dalam," lanjut Yukihito.

Selain hamburg, restoran ini menyediakan sirloin steak. Potongan bagian punggung luar dekat paha belakang sapi ini memiliki serat lebih kasar. Namun, menawarkan daging yang lebih juicy, berlemak, dan gurih.

Daging premium ini dipotong menjadi beberapa bagian hingga tingkat kematangannya bisa terlihat. Bagian dalamnya masih bewarna merah dan berlemak, semakin lengkap dengan jagung, buncis, dan pilihan saus pendamping. Ada saus original, teriyaki, saus krim keju, saus napolitan, dan saus spesial chef.

Tahapan memesan
Pilihan hidangan di restoran ini tidak banyak. Hamburg menjadi pilihan utama dari menu mereka. Namun, untuk menikmatinya ada beberapa tahapan dengan cara khusus mengikuti yang tertulis di buku menu.

Pertama, memilih ukuran daging. Ada dua pilihan, yakni reguler set dengan daging 189 gram dan ukuran double reguler set dengan daging 360 gram. Kedua pilihan itu sudah termasuk nasi atau roti dan sup. Anda bisa juga meningkatkannya menjadi special set dengan tambahan minuman soda dan salad mini dengan harga tambahan.

Setelah memilih paket, saatnya Anda memilih saus. "Khusus Jakarta, kami membuat empat varian saus, yakni saus teriyaki, krim keju, napolitan atau saus tomat, hingga chef's special sauce yang dibuat dari krim saus dengan bawang dan rempah. Saus ini tak ada di restoran Ishigamaya Jepang," lanjut Yukihito.

Selanjutnya, Anda memilih nasi Jepang sasanishiki atau roti buatan rumah. Untuk nasi, Anda bisa memilih porsi kecil atau besar.

Tahapan berikutnya jangan terlewatkan. Tahapan ini ialah memilih topping di atas hamburg Anda. Tersedia pilihan keju mozzarella, keju cheddar, telur, alpukat, hingga tomat dengan harga berbeda, tergantung ukuran dan jenisnya.

Beragam pilihan itu, kata Yukihito, atas dasar Jepang selalu melakukan dengan hati dan ingin menyenangkan semua orang yang menyantap makanan buatan dapurnya. Restoran ini tidak menggunakan daging babi, lemak babi, maupun alkohol sehingga aman dikonsumsi, mengingat Indonesia didominasi muslim.

Segar dan manis
Seusai makan serbadaging, kini beralih ke minuman segar ala Ishigamaya. Di sajian dalam gelas tebal berkemasan unik dan tutup berbahan kayu. Air berwarna cokelat dalam suhu dingin tampak menggoda dan menyegarkan untuk disesap.

Saat dicoba, air teh itu terasa segar. Kesegarannya semakin bertambah dengan irisan kiwi dalam minuman itu. Tambahan daun mint yang  berkhasiat menghangatkan tenggorokan. Cocok diteguk di tengah udara dingin sekalipun.

Sebagai penutup, cobalah dessert yang paling recomended, yakni fondant chocolate baked in a stone oven. Ya, sesuai namanya kue cokelat ini dihangatkan menggunakan oven batu. Saat dibelah, bagian tengah kue terdapat cokelat belgia panas yang meleleh. Kue yang hangat ini disandingkan dengan es krim vanila yang memberikan keseimbangan rasa dari cokelat yang pekat. (M-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More