Hoaks Konsultan Asing dari Lawan Politik 01

Penulis: MI Pada: Sabtu, 16 Feb 2019, 09:05 WIB Politik dan Hukum
Hoaks Konsultan Asing dari Lawan Politik 01

MI/SUSANTO

Pakar komunikasi Ade Armando yakin bahwa tuduhan calon presiden 01 Joko Widodo menggunakan jasa konsultan asing datang dari kubu oposisi. Tudingan semacam itu dikenal dengan istilah perang psikologis.

"Saya cukup yakin ini dari kubu Prabowo," kata Ade di Kantor Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Jakarta Pusat, kemarin.

Ade menjelaskan perang psikologis bagian dari bentuk propaganda tidak langsung untuk menyerang lawan. Sistem ini, kata Ade, sudah dilakukan sejak orde Baru, misalnya, dengan membangun narasi komunisme.

Di negara lain seperti Amerika, George Washington Bush, tercatat pernah melakukan hal serupa. Menuduh Irak memiliki senjata pemusnah massal sebagai dalil menyerang negara minyak tersebut.

"Cara seperti ini berbahaya jika terus dilakukan. Bayangkan kalau masyarakat percaya Jokowi didukung Israel, Tiongkok, zionis, komunis, lengkap semua tuduhannya akan membuat masyarakat tak punya pilihan," kata Ade.

Diketahui, tuduhan ini pertama kali beredar di media online, RMOL.co, pada Selasa (5/2), bahwa Jokowi menggunakan konsultan asing Stan Greenberg dalam Pemilu 2019.

Ade mempertanyakan dari mana RMOL mendapat informasi itu. Dia tidak menampik kemungkinan ada pihak yang memberitahukan situs bodong Stan Greenberg, political-strategist.com.

Hal itu disebabkan berita tersebut disebarkan lagi oleh beberapa tokoh dari kubu Prabowo-Sandiaga seperti Priyo Budi Santoso dan Andre Rosiadi di hari yang sama. "Ini tidak kebetulan, sebaiknya dibongkar dapat data dari mana," imbuh Ade.

Sebagai salah satu media yang terverifikasi, Ade mengimbau dewan pers bersuara tentang pemberitaan RMOL.co apakah bisa diterima atau tidak.

Juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Daniel Tumiwa menyebutkan salah satu bukti ialah tudingan berasal dari situs political-strategist.com. Laman itu dibuat pada Desember 2016 dan didaftarkan seseorang yang beralamatkan di Kanada.

"Situs ini menyerupai nama konsultan politik resmi milik Roland Vincent. Konsultan itu punya situs thepoliticalstrategist.com," ujarnya.

Bukti lain, kata Daniel, situs political-strategist.com mencantumkan sejumlah nama tokoh yang terkait dengan Israel, misalnya, pendiri Israel Palestina Creative Regional Initiatives, Gershon Baskin, dan pimpinan tim strategi partai terbesar kedua di Israel Yair Lapid, Mark Mellman.

Kemudian, sepinya konten di situs political-strategist.com juga menjadi bukti. Kendati jika ditinjau sekilas tampilan situsnya meyakinkan. (Dro/P-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More