Hoaks Harga Beras dan Daging Hina Akal Sehat

Penulis: Akmal Fauzi Pada: Sabtu, 16 Feb 2019, 09:00 WIB Politik dan Hukum
Hoaks Harga Beras dan Daging Hina Akal Sehat

ANTARA/Putra Haryo Kurniawan

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dinilai kembali melempar berita bohong alias hoaks soal harga beras dan daging. Mantan Danjen Kopassus itu menyebut harga beras dan daging di Indonesia tertinggi di dunia.

"Hoaks itu menghina akal sehat, menghina kecerdasan bangsa Indonesia," kata Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Inas Nasrullah Zubir.

Menurut Inas, Prabowo kurang membaca data faktual. Sejatinya, fluktuasi harga pangan mudah dicari. Bahkan, dapat pula dibandingkan dengan harga-harga di sejumlah negara.

Merujuk data Numbeo.com, situs yang menyajikan data harga dari berbagai negara, harga beras premium di Indonesia termasuk terendah di Asia, yakni kisaran Rp12.500 sampai Rp12.800 per kilogram. Pemerintah pun mematok harga beras eceran tertinggi berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 57 Tahun 2017 tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) Beras.

Inas membeberkan harga beras di Malaysia sekitar US$1 atau setara Rp13.300 per kilogram. Di Thailand US$1,15 atau setara Rp16.428 per kilogram. Lalu Singapura US$2,06 atau setara Rp29.428 per kg.

Kemudian harga beras di Filipina, kata Inas, hampir sama dengan di Indonesia, yakni Rp12.700 per kilogram. Sementara itu, Vietnam menjadi negara dengan harga beras termurah di Asia Tenggara, yaitu US$0,74 atau setara Rp10.571 per kg.

Untuk negara Asia, Jepang menjadi negara dengan harga beras paling mahal, yakni US$3,83 atau setara Rp54.714 per kilogram. Diikuti Korea Selatan dengan harga mencapai US$3,79 (Rp54.412) per kg. Taiwan berada pada peringkat ketiga termahal di Asia dengan US%3,29 atau setara Rp47.000 per kg.

Sebelumnya, Prabowo menyebut harga beras dan daging di Indonesia yang tertinggi di dunia. Hal itu disampaikan saat kunjungannya ke Blora, Jawa Tengah.

"Beras di Indonesia jadi salah satu tertinggi di dunia, demikian daging juga tertinggi di dunia. Daging ayam tertinggi di dunia. Salah satu yang tertinggi di dunia. Perjuangan kami adalah untuk kita perbaiki keadaan ini dengan segera," kata Prabowo di Blora, Jawa Tengah.

Berhenti bohong

Ketua Kelompok Kerja Pangan Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) Benny Pasaribu berharap Prabowo berhenti melakukan upaya yang justru menggelisahkan masyarakat.

Apalagi, sebagai sosok yang pernah lama berkecimpung di HKTI, Ketua Umum Partai Gerindra tersebut dianggap bisa membedakan mana data valid dan tidak.

Bagi Benny, pernyataan Prabowo soal harga beras dan daging tidak elok karena menjurus fitnah dan hoaks. Prabowo juga bisa membikin masyarakat dan pedagang bingung. Para petani, kata dia, juga gelisah karena merasa disalahkan lantaran harga beras menjadi termahal dunia.

"Masyarakat sebagai pembeli bisa panik karena kebutuhan sembako keluarga bakal sangat terganggu."

Di Bengkulu, Presiden Joko Widodo menyebut harga daging dan beras di Indonesia termasuk yang termurah di dunia jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

"Coba dicek di seluruh dunia itu harga (daging dan beras) kita di seluruh dunia ada pada posisi yang seperti apa. Kita ini termasuk memiliki harga yang termurah di dunia. Baik itu yang namanya beras maupun yang namanya daging," kata Presiden Jokowi setelah membuka acara Tanwir Muhammadiyah di Bengkulu. (P-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More