Kamis 14 Februari 2019, 16:00 WIB

NASA Nyatakan Misi Opportunity Berakhir

Basuki Eka Purnama | Internasional
NASA Nyatakan Misi Opportunity Berakhir

ADRIAN LEUNG/AFP

 

SELAMA 14 tahun menjalani misi di Mars, kendaraan penjelajah milik NASA, Opportunity, telah memberikan banyak informasi baru termasuk bahwa air dulu mengalir di planet tetangga Bumi itu. Kini, NASA memutuskan misi Opportunity telah berakhir.

Kendaraan itu telah hilang kontrak dengan pusat kendali saat badai debu di Mars pada Juni tahun lalu. Kendaraan itu dinyatakan secara resmi mati pada Rabu (13/2) mengakhiri salah satu misi paling menghasilkan sepanjang sejarah eksplorasi angkasa luar.

Tidak mampu mengisi baterainya, Opportunity sudah tidak menjawab ratusan pesan dari Bumi selama beberapa bulan terakhir. NASA mengirimkan pesan terakhir mereka pada Selasa (12/2) malam.

Baca juga: Utang AS Tembus Rp308 Ribu Triliun, Terbesar Sepanjang Sejarah

'Saya menyatakan misi Opportunity telah berakhir," ujar Thomas Zubuchen, administrator untuk Direktorat Misi Ilmiah NASA, dalam konferensi pers di pusat kendali di Pasadena, California.

Para peneliti yang terlibat dalam program itu kini tengah berduka terkait matinya kendaraan penjelajah yang biasa disapa Oppy itu.

"Menghabiskan waktu di JPL saat pesan terakhir dikirimkan ke Opportunity di Mars," cicit Tanya Harrison, direktur tim peneliti NASA di Arizona State University.

"Suasananya sangat hening. Beberapa orang menangis. Lainnya saling berpelukan. Kami berbagi kenangan dan tawa #ThankYouOppy #GoodnightOppy," imbuhnya. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More