Kamis 14 Februari 2019, 15:30 WIB

Black Panther Terlihat di Kenya

Basuki Eka Purnama | Internasional
Black Panther Terlihat di Kenya

Wikipedia

 

KABAR mengenai keberadaan macan tutul hitam telah lama beredar di Kenya. Kino, para ilmuwan mengonfirmasi hal itu setelah serangkaian gambar hewan itu terekam oleh kamera.

Gambar-gambar itu didapatkan peneliti dari San Diego Zoo yang telah mempelajari macan tutul di Cagar Alam Loisaba bersama seorang fotografer yang tengah bekerja di kawasan itu.

"Kami sangat senang mendengar jebakan kamera kami berhasil mendapatkan gambar langka macan tutur melanistik atau yang bisa disebut sebagai black panther," ujar Cagar Alam Loisaba di laman daring mereka.

Melanisme adalah mutasi genetik seperti albinisme. Bedannya melanisme adalah kelebihan pigmen yang menyebabkan bulu atau kulit binatang menjadi hitam.

Penelitian yang dipimpin peneliti dari San Diego Zoo Nicholas Pilfold dan diterbitkan di African Journal of Ecology pada Januari mengatakan foto-foto itu menjadi bukti pertama di abad ini mengenai keberadaan macan tutul hitam di Afrika.

Baca juga: Arus Balik Imlek Menuju Beijing Terhambat Salju

Konfirmasi terakhir mengenai keberadaan macan tutul hitam adalah foto yang diambil di Adis Ababa pada 1909. Foto itu kini disimpan di Museum of National History di Amerika Serikat.

Di Kenya, seekor macan tutul hitam yang ditangkap difoto pada 2013 sementara gambar lain yang diambil dari helikopter menyebar pada 2018. Namun, foto kali ini merupakan yang pertama sebagai bukti ilmiah.

Pilfold mengatakan bahwa setelah mendapat sejumlah laporan mengenai keberadaan macan tutul hitam itu, timnya memasang delapan kamera jebakan pada Februari 2018 dan dalam tempo tiga bulan berhasil memotret seekor betina remaja

"Kemungkinan setidaknya ada dua atau tiga di kawasan ini," ujar Pilfold.

Menurut Pilford, hanya 11% macan tutul di dunia berwarna hitam.

Munculnya foto-foto macan tutul hitam itu selepas dirilisnya film Marvel Black Panther pada 2018 diakui Pilford cukup menggelitik dirinya.

"Saya rasa hal itu agak unik. Sata mencari Wakanda berdasarkan penggambaran di komik Marvel. Lokasinya tidak jauh dari lokasi kami melakukan penelitian," pungkasnya. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More